Tips Mempermudah Absensi Siswa dengan software Supaya Ga Ribet!

Tips Mempermudah Absensi Siswa – Kehadiran siswa di sekolah biasa disebut dengan istilah presensi siswa. Pengertian presensi siswa mengandung dua arti, yaitu masalah

kehadiran di sekolah (school attendance) dan ketidakhadiran disekolah (non school attendance). Kehadiran dan ketidakhadiran siswa di sekolah dianggap merupakan masalah penting dalam pengelolaan siswa di sekolah, karena hal ini sangat erat hubungannya dengan prestasi belajar siswa. Di samping itu, kehadiran dan ketidakhadiran siswa di sekolah merupakan gambaran tentang ketertiban suatu sekolah.

Kehadiran siswa di sekolah (school attandence) adalah kehadiran dan keikutsertaan siswa secara fisik dan mental terhadap aktivitas sekolah pada jam-jam efektif di sekolah. Sedangkan

ketidakhadiran adalah ketiadaan partisipasi secara fisik siswa terhadap kegiatan-kegiatan sekolah. Pada jam-jam efektif sekolah, siswa memang harus berada di sekolah. Kalau tidak ada di sekolah, seyogyanya dapat memberikan keterangan yang sah serta diketahui oleh orang tua atau walinya.

Tips Mempermudah Absensi Siswa

Pembagian Ketidakhadiran siswa secara umum

Pada umumnya ketidakhadiran siswa dapat dibagi ke dalam tiga bagian:

(1) alpa, yaitu ketidakhadiran tanpa keterangan yang jelas, dengan alasan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan;

(2) ijin, ketidakhadiran dengan keterangan dan alasan tertentu yang bisa dipertanggungjawabkan, biasanya disertai surat pemberitahuan dari orang tua; dan

(3) sakit, ketidakhadiran dengan alasan gangguan kesehatan, biasanya disertai surat pemberitahuan dari orang tua atau surat keterangan sakit dari dokter.

Secara administratif, pengelolaan kehadiran dan ketidakhadiran pada tingkat kelas menjadi tanggung jawab wali kelas. Oleh karena itu, wali kelas seyogyanya dapat mendata secara akurat tingkat kehadiran dan ketidakhadiran siswa di kelas yang menjadi tanggung

READ  Tips Mengelola Toko Dengan Ilmu Sederhana

jawabnya sekaligus dapat menganalisis dan menyajikannya dalam bentuk grafik atau tabel (diusahakan tersedia catatan harian dan table atau grafik bulanan). Sementara untuk tingkat sekolah, petugas yang tepat mengelola kehadiran dan ketidakhadiran siswa adalah wakasek kesiswaan.

Sama halnya dengan wali kelas, wakasek kesiswaan pun seyogyanya dapat mendata secara akurat tingkat kehadiran dan ketidakhadiran siswa secara keseluruhan serta dapat menganalisis dan menyajikannya dalam bentuk grafik atau tabel. Informasi tingkat kehadiran dan ketidakhadiran siswa ini sangat berguna untuk pengambilan kebijakan, baik pada tingkat kelas maupun sekolah serta dapat digunakan untuk kepentingan pemberian

bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam menunaikan kewajiban kehadirannya di sekolah.

Adapun tujuan kehadiran siswa di sekolah menurut E. Mulyasa,

antara lain:

  • Untuk mengembangkan bakat dan pengalaman belajar
  • Untuk menjalin komunikasi antara guru dan siswa serta sesama siswa
  • Untuk mempelajari dan memahami pesan yang disampaikan guru di kelas
  • Untuk membentuk sikap dan sifat demokrasi siswa
  • Untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki siswa.

Jenis Jenis Absensi Siswa

  1. Absensi Catatan Tangan

Absensi catatan tangan biasanya terdaoat diperusahaan-perusahaan kecil. Setiap karyawan tiba maupun pulang kantor.

Kelebihan absensi catatan tangan

  • murah dan juga mudah.

Kekurangan absensi catatan tangan

  • pegawai atau pekerja dapat menulis waktu hadir maupun pulang sesuai dengan kehendaknya.
  • pegawai atau pekerja dapat mencatatkan waktu hadir maupun pulang temannya yang belum datang atau juga pulang lebih awal.
  • Bagian penggajian akan dapat mengalami kesulitan pada saat merekap jam hadir pegawai atau pekerja pada akhir bulan.
  1. Absensi Almano (Sistem Ceklok)

Absensi tersebut menggunakan mesin almano atau mesin absensi dengan sistem ceklok. Jadi pegawai atau pekerja yang ingin mengisi kartu jam hadir harus memasukkan kartu jam hadir ke mesin almano, dan secara otomatis kartu jam hadir akan mencetak jam hadir maupun pulang karyawan sesuai dengan jam kantor.

READ  6 Cara Berpikir Seperti Entrepreneur Agar Sukses Dalam Berbisnis

Kelebihan sistem ceklok

  • Mudah digunakan
  • pegawai atau pekerja tidak bisa menulis waktu hadir maupun pulang sekendak hati.
  • Bagian penggajian akan sedikit terbantu pada saat merekap jam hadir pekerja, Disebab karena lebih rapih dan juga mudah dilihat.

Kekurangan sistem ceklok

  • pegawai atau pekerja dapat mencatatkan waktu hadir maupun pulang temannya yang belum datang atau juga pulang lebih awal.
  1. Absensi Telapak Tangan

Biasanya sistem tersebut digunakan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar. Cara kerja pada sistem tersebut mirip dengan cara kerja finger scan, yakni dengan cara menempelkan telapak tangan atau lima jari pada mesin setelah memasukkan no.Identitas pegawai atau pekerja.

Kelebihan absensi telapak tangan

  1. Menggunakan teknologi tinggi.
  2. Bagian penggajian akan dapat dengan mudah merekap jam hadir para pegawai atau pekerja , Disebabkan
  3. karena sistem tersebut akan secara otomatis merekap jam hadir pekerja ketika melakukan finger scan.
    Akan meningkatkan gengsi suatu perusahaan.

Kekurangan absensi telapak tangan

  1. Harganya lebih mahal.
  2. Jika terdapat mesin error maka data jam hadir pegawai atau pekerja tidak akan dapat diakses.
  3. Tidak semua dapat melakukan finger scan dengan sukses sehingga terkadang tidak tercatat jika pegawai atau pekerja tersebut hadir kerja.

Kekurangan Masih Menggunakan Absensi Manual

  1. Boros kertas

Penggunaan mesin absensi manual ini tidak ramah lingkungan dan boros kertas karena banyaknya kertas yang digunakan untuk dijadikan kartu kehadiran karyawan.

  1. Kurang akurat

Waktu dalam mesin absensi manual bisa diatur secara manual sehingga data kehadiran menjadi tidak akurat.

  1. Pengolahan data kehadiran membutuhkan waktu lebih lama

Mengolah data kehadiran dari mesin absensi manual akan membutuhkan waktu lebih lama.

Tips Mempermudah Absensi Siswa

Sebenarnya cara mempermudah absensi siswa adalah tentu saja  menggunakan software absensi siswa, Kami sangat merekomendasikan software aplikasi absensi siswa dari ITbrain

READ  29 Pengusaha Sukses dan Terkaya Di Indonesia

Software Absensi Sekolah Itbrain

Software Absensi Sekolah, merupakan salah satu dari sekian banyak inovasi perangkat lunak yang memiliki kaitan dengan dunia pendidikan, khususnya sekolah, sebagai salah satu media untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Adanya inovasi software absensi sekolah ini tentu memberikan kabar baik bagi guru, siswa, juga warga sekolah yang lainnya. Kemudahan dalam melakukan proses absensi ternyata membawa dampak baik bagi manajemen sekolah. Dengan adanya teknologi aplikasi absensi sekolah, arsip absensi dapat tersimpan dengan baik dan rapi di komputer.

Maka dari itu, kami IT Brain Indonesia menyediakan Program Absen Ssekolah terbaik guna membantu guru agar lebih mudah dalam melakukan absensi siswa. Software ini ditujukan untuk efektifitas & komputerisasi data kehadiran siswa. Dengan penggunaan Software Aplikasi Absensi Sekolah kini Bapak/Ibu guru dapat memperoleh sebuah data kehadiran yang terintergrasi dan dapat diolah dengan mudah untuk berbagai keperluan.

Kelebihan Menggunakan Software Absensi Sekolah

  • Memiliki tampilan yang user friendly dan menggunakan Bahasa Indonesia, sehingga semakin memudahkan Anda dalam melaksanakan tugas Anda.
  • Proses instalasi yang mudah dan tidak membutuhkan koneksi internet.
  • Terdapat buku panduan yang menjelaskan secara rinci penggunaan program absensi sekolah.
  • Terjamin keamanan data (Hak Akses)
  • Minim bahkan jarang terjadi kesalahan
  • Tidak menyebabkan virus
  • Dapat mengani data dalam jumlah ukuran yang besar

Dengan menggunakan Aplikasi Absensi Sekolah kami, maka proses absensi dapat menjadi lebih mudah dan cepat. Sehingga dapat menghemat waktu kerja anda. Selain itu, dengan menggunakan Program Absensi Sekolah kami, bukti absen dapat tersimpan di komputer sehingga tidak dapat dimanipulasi. Proses akumulasi laporan absensi bulanan pun dapat dibuat dengan mudah.

Terima Kasih sudah membaca artikel kami mengenai Tips Mempermudah Absesnsi Siswa dengan Aplikasi ITBrain Indonesia. Semoga Artikel ini mampu memperluas wawasan Anda. Salam Sukses.

Download Gratis Aplikasi Absensi Siswa, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.