10 Tips Mengembangkan Bisnis Franchise

Tips Mengembangkan Bisnis Franchise – Bisnis franchise atau bisnis franchise merupakan bisnis yang berfokus untuk mengomersilkan bisnis yang sudah ada dengan brand yang sangat kuat. Secara umum, bisnis franchise merupakan sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik franchise (franchisor) dan penerimanya (franchise).

Bisnis ini menjadi salah satu solusi yang menarik dan banyak peminatnya karena kepraktisan atau kemudahannya. Namun, mengembangkan bisnis franchise bukanlah hal yang mudah dilakukan. Anda perlu memahami beberapa cara jitu untuk mengembangkan bisnis franchise tersebut.

Bisnis franchise atau bisnis franchise merupakan bisnis yang berfokus untuk mengomersilkan bisnis yang sudah ada dengan brand yang sangat kuat. Secara umum, bisnis franchise merupakan sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik franchise (franchisor) dan penerimanya (franchise).

Bisnis ini menjadi salah satu solusi yang menarik dan banyak peminatnya karena kepraktisan atau kemudahannya. Namun, mengembangkan bisnis franchise bukanlah hal yang mudah dilakukan. Anda perlu memahami beberapa cara jitu untuk mengembangkan bisnis franchise tersebut. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Tips Mengembangkan Bisnis Franchise

Prinsip Dasar Bisnis Franchise Makanan

Memperjelas manfaat ivestasi dalam franchise

Ketika memasarkan dan menjual franchise usahakan untuk jujur dan jangan sampai menciptakan harapan palsu. Beberapa kesalahan yang sering terjadi bahwa bisnis franchise makanan menjanjikan kesuksesan dan keberhasilan dalam waktu yang singkat. Namun kenyataanyatidak begitu, lebih baik mengatakan hal yang jujur dan sebenarnya dari pada mendapatkan mitra namun memberikan harapan yang kurang realistis.

READ  4 Tips memilih Travel Haji dan Umroh yang tepat

Melatih dan menyiapkan franchise yang benar

Semua franchise memang harus mempersiapkan pelatihan yang baik dan benar untuk dapat mengendalikan franchise baru. Namun beberapa franchise pemula tidak mengikuti pelatihan karena minimnya modal. Apabila pemilik franchise tidak sanggup memberikan pelatihan maka lebih baik menggunggu hingga mitra mendapatkan. Biasanya franchise baru akan bisa berdiri sendiri setelah mendapatkan pelatihan.

Mengukur kinerja franchise

Evaluasi segala kinerja dan sistem keuangan franchise secara detail dan berkelanjutan dapat memberikan solusi untuk mengontrol jalannya franchise. Dengan mengetahui kinerja secara keseluruhan maka pemilik franchise akan dapat menentukan arah dan tujuan, serta strategi yang akan digunakan untuk membantu mengembangkan. Tanpa adanya informasi dan pengawasan maka yang terjadi franchise akan gagal dan tidak bisa berkembang.

Coba Aplikasi kasir Untuk Bisnis Franchise mu, Klik Disini !!

Tips Mengembangkan Bisnis Franchise

Berikut adalah tips mengembangkan bisnis franchise Menurut bisnisukm.com

  1. Membuat Ciri Khas Usaha

Buatlah usaha atau bisnis yang memiliki ciri khas. Bisnis yang memiliki ciri khas adalah bisnis yang memiliki daya pembeda dibandingkan dengan bisnis lain. Ini adalah syarat utamanya. Meskipun Anda menjalankan bisnis yang sudah banyak dijalankan orang lain, bukan berarti Anda bebas menirunya begitu saja. Misalnya Anda menjual pisang goreng, menjualnya dengan bentuk biasa mungkin tidak akan menarik daya beli pelanggan, Anda bisa mulai membuat inovasi pisang goreng dengan menambahkan berbagai topping didalamnya.

  1. Siapkan Sistem yang Sempurna

Seringkali bisnis franchise mengalami kebangkrutan bukan karena kerja lapangan yang kurang optimal, tapi karena sistem yang dibuat ternyata banyak kekurangan. Untuk itu sebelum mulai memasarkan program franchise ini pastikan semua sudah terencana dengan baik. Lakukan pengecekan sistem dengan optimal, bila perlu lakukan konsultasi berlapis dengan mereka yang sudah lebih maju mengenai bisnis franchise. Hal ini mungkin akan memakan banyak biaya. Terutama terkait persiapan sistem dan masalah hukum. Namun, hasil yang didapat tidak akan mengecewakan.

  1. Selektif dalam Memilih Jenis Franchisedan Brand

Dalam berbisnis, kamu tentu harus mempertimbangkan betul-betul jenis usaha apa yang hendak kamu jalankan.

READ  9 Tips Melakukan Riset Pasar Dengan Baik  

Di balik pertimbangan tersebut pun masih harus ada lagi pertimbangan lainnya terkait apakah jenis usaha tersebut dibutuhkan masyarakat, besaran peluangnya, peralatan, tingkat kesulitan, strategi dan perencanaan matang, dan sebagainya.

Berbisnis franchise pun demikian. Kamu harus betul-betul selektif dalam memilihnya, mulai dari jenis franchise itu sendiri dan brand yang menopang di baliknya.

Apakah jenis franchise tersebut dibutuhkan oleh masyarakat? Seberapa besar peluang kesuksesannya bila dilihat dari apa yang sedang atau yang sudah terjadi belakangan?

Bagaimana reputasi brand franchisor tersebut?

Sebelum benar-benar menjalankan bisnis franchise, pastikan kamu sudah mempersiapkan semuanya matang-matang. Pastikan juga franchisor tersebut memiliki brand yang kuat dan sudah memiliki reputasi yang baik di tengah-tengah masyarakat.

  1. Rencanakan Semuanya Dengan Matang, Dari A Sampai Z

Tahap ini kelihatannya mudah untuk diterapkan, hanya saja ada banyak pemilik bisnis franchise yang akan terkejut akan betapa banyaknya hal yang harus dipersiapkan dengan matang.

Setelah memilih jenis usaha dari sebuah brand, langkah selanjutnya adalah menyusun perencanaan atau business plan mulai dari bagaimana kamu akan memasarkannya, memilih lokasi, merekrut tim, dan berbagai kegiatan pemasaran dan operasional lainnya.

Penting untuk merencanakan semuanya dengan matang dari A sampai Z.

Tapi jangan terlalu berpaku pada perencanaan yang matang dan sempurna, eksekusi tetap menjadi langkah berikutnya yang harus segera kamu lakukan.

  1. Fokus Dengan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Memberi pelayanan yang buruk, selain akan mempengaruhi kepuasan pelanggan ke arah yang lebih negatif.

Kamu juga akan merusak citra brand franchisor dan tentu akan mempengaruhi relasi yang buruk dengan dua pihak utama tersebut.

Sebaliknya, upayakan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan kamu dan pastikan bahwa tingkat kepuasan pelanggan menjadi salah satu prioritas utama kamu dalam menjalankan bisnis franchise.

  1. Manfaatkan Segala Sumber Daya dan Dukungan dari Franchisor

Manfaatkan segala sumber daya yang disediakan oleh franchisor seperti pendanaan, pelatihan, operasional, pemasaran, teknologi, dan berbagai macam dukungan lainnya.

READ  5 Jenis Biaya Pengelolaan Bisnis, Mana yang dapat memengaruhi usaha anda?

Menguatkan relasi yang baik dengan franchisor dan mereka pun akan setiap membantu kamu dalam menyukseskan bisnis franchise kamu.

Karena biar bagaimana pun, citra dan reputasi brand milik franchisor sedang dipertaruhkan ke dalam kuasa kamu sebagai pemegang hak jual. Jadi, mereka akan selalu senang dalam mendukung bisnis franchise kamu.

Jangan ragu soal ini.

  1. Bangun Reputasi di Tengah-Tengah Komunitas

Sedari awal kamu menjalankan bisnis franchise, mulailah bangun reputasi di tengah-tengah masyarakat, terutama komunitas tertentu yang sejalan dengan jenis usaha yang kamu pilih. Ikuti kegiatan-kegiatan mereka baik dalam bentuk bazaar maupun event lainnya.

Jangan ragu menjadi sponsor atau donatur di acara-acara mereka.

  1. PIlih Lokasi Berjualan yang Strategis

Dari sekian banyak yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis franchise, memilih lokasi berjualan menjadi salah satu hal yang terpenting.

Pilihlah lokasi yang strategis dengan pasar yang sesuai dengan target pelanggan kamu. Perlu diketahui bahwa lokasi yang ramai bukanlah jaminan bahwa sebuah bisnis mampu menarik pelanggan untuk berbondong-bondong datang ke lapak kamu bak magnet menarik kumpulan paku kecil.

  1. Manfaatkan Keikutsertaan Dalam Berbagai Event Bila Memungkinkan

Ini juga menjadi salah satu tahap terpenting. Manfaatkan pula keikutsertaan dalam berbagai event bila memungkinkan. Namun, selektiflah dalam memilih event apa yang cocok untuk jenis usaha kamu menurut target pasarnya. Tidak cocok bila kamu membuka stan rokok di acara anak-anak.

Sebaliknya, pilihlah event yang cocok untuk jenis kamu, semisal menawarkan jasa ekspedisi pengiriman barang di acara seminar pebisnis online.

Coba Aplikasi kasir Untuk Bisnis Franchise mu, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.