Apa itu Endorsement ? Dongkrak kesuksesan bisnis medsos dengan endorsement

Apa itu Endorsement ?- Anda pasti sering mendengar istilah yang satu ini, kan? Di zaman sekarang ini, banyak sekali orang atau pengusaha menggunakan endorse melalui orang lain untuk memasarkan produknya. Sehingga jumlah pelanggan dan penjualan bisnisnya meningkat.

Di zaman yang penuh dengan digitalisasi seperti saat ini, kegiatan endorse bukanlah hal yang sulit untuk kita temui. Kegiatan ini sering dilakukan oleh hampir seluruh akun artis atau selebgram di sosial media. Mereka melakukan promosi dari berbagai macam produk barang dan jasa. Namun, apa itu endorse?

Istilah Endorse lebih sering digunakan di media sosial dan dilakukan oleh selebgram atau artis. Tapi, jangan salah, sekarang ini semua jenis usaha bisa melakukan endorse supaya produknya lebih diminati pelanggan lho. Tapi, sebelum melakukan endorse, yuk kita baca dulu pengertian, manfaat, dan panduan melakukan kegiatan ini bersama-sama!

Apa Itu Endorsement?

Pada dasarnya endorse itu sendiri diserap dari bahasa Inggris yang artinya dukungan, pengesahan atau persetujuan atas segala sesuatu. Endorse adalah bagian dari aktivitas promosi iklan yang memanfaatkan pihak lain untuk mendukung dan juga memasarkan suatu produk barang atau jasa, yang di dalamnya juga termasuk menjadi bagian dari digital marketing.

Anda tidak bisa menentukan artis atau selebgram yang ingin Anda endorse hanya dengan memperhatikan jumlah followersnya saja. Karena, mereka yang memiliki jumlah followers kecil terkadang mempunyai engagement rate yang lebih tinggi dan lebih cocok untuk mengiklankan produk dari pada mereka yang memiliki jumlah followers banyak.

Fungsi Endorse

Kegiatan endorsement ini juga tidaklah rumit. Baik pihak penjual dan pihak yang melakukan endorse juga bisa melakukan kegiatan transaksi dengan pesan singkat atau bahkan fitur direct message yang ada pada media sosial itu sendiri. Setelah menyetujui aturan yang dibuat oleh pihak artis, maka penjual hanya harus mengirimkan foto ataupun video serta caption yang ingin ditampilkan di dalam postingan si artis.

Tingkat keefektifitasan dari kegiatan endorsement ini juga dinilai lebih baik apabila dibandingkan dengan berbagai promosi lainnya, khususnya apabila dibandingkan dengan kegiatan tradisional biasa seperti pemasangan flyer atau membagikan selebaran.

READ  10 Strategi Meningkatkan Omset Usaha Bagi Pembisnis Pemula

Jadi, dilihat berdasarkan praktiknya ini, ada beberapa jenis endorsement yang biasa dilakukan oleh para artis dan juga selebgram, yaitu mereka yang tidak terikat pada suatu brand atau produk tertentu dan mereka menjadi brand ambassador. Keduanya sudah tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri.

Cara kerja kegiatan endorsement ini pun pada umumnya hampir mirip dengan pembagian selebaran iklan atau lewat flyer. Perbedaannya adalah platform yang digunakan di endorse ini adalah media sosial.

Hal ini dilakukan karena pengguna sosial media di Indonesia ini tergolong tinggi, untuk itu, endorsement memiliki keefektivitasannya sendiri karena semakin banyak orang yang melihat maka akan semakin baik.

Download Aplikasi Untuk Bisnis Manajemen Anda, Klik Disini !!

Tujuan Endorse

Kegiatan endorse ini bisa dilakukan secara terang-terangan yang dibalut dengan caption berisikan kalimat bersifat persuasif. Tapi, ada banyak juga perusahaan atau brand yang meminta artis untuk melakukan kegiatan endorse secara natural atau yang sering disebut dengan soft selling. Mereka menggunakan kekuatan dari artis atau selebgram tersebut untuk melakukan kegiatan promosi.

Masing-masing produsen atau pebisnis tentunya memiliki tujuannya tersendiri kenapa harus melakukan endorsement untuk kegiatan promosinya. Tapi pada intinya, tujuan utama yang mereka lakukan pada akhirnya adalah demi meningkatkan penjualan pada produknya.

Manfaat lain dari melakukan kegiatan iklan melalui endorse adalah pengenalan produk, branding, sampai mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen karena menggunakan nama artis tersebut.

Mereka yang melakukan promosi lewat endorsement ini bukan hanya dari kalangan perusahaan besar saja, karena para pemilik usaha kecil juga bisa melakukan endorsement dengan mudah untuk meningkatkan penjualannya.

Manfaat Endorse untuk Pemasaran Perusahaan

Pada dasarnya, masing-masing influencer memiliki target minimal untuk harga per-endorse masing-masing produk. Kalau Anda mematok harga yang relatif mahal, maka hasil yang didapatkan setelah produk yang di endorse oleh seorang influencer tersebut bisa laris terjual dengan cepat.Endorse ini merupakan salah satu strategi pemasaran secara online yang efektif untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan endorse yang perlu diketahui untuk memasarkan produk bisnis Anda :

Lebih Hemat Biaya Pemasaran

Apa itu Endorsement ?

Sekarang, kamu tidak perlu lagi menyiapkan dana pemasaran produk atau sibuk mencetak brosur dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu mencari selegram yang berpotensi dan kira-kira cocok dengan produk kamu. Cara ini bisa lebih menekan biaya daripada harus mempromosikan lewat iklan lainnya. Misalnya televisi, radio, maupun media cetak seperti koran dan majalah, kan?

READ  Peluang Bisnis Resell Barang Vintage Yang Menjanjikan

Penjualan Meningkat Cepat

Apa itu Endorsement ?

Dengan adanya endorse, penjualan produk kamu bisa semakin meningkat dengan sangat cepat. Karena, produk kamu sudah dikenal oleh banyak orang, dan banyak masyarakat akan semakin tertarik untuk memiliki produk tersebut. Karena itu, dengan melakukan endorse produk kamu  bisa mendatangkan keuntungan yang lebih dari harga yang dibayarkan pada jasa endorse.

Hal ini juga karena biasanya seorang public figure atau influencer akan menjadi trendsetter bagi para fans-nya. Dengan demikian, kemungkinan kamu mendapatkan peningkatan penjualan akan sangat tinggi lho.

Media Promosi

instagram

Melakukan endorse atau endorsement akan berdampak positif dalam kegiatan pemasaran produk kamu. Dengan melakukan endorse produk kepada selebgram, produk kamu akan dikenal lebih luas. Hal ini karena followers selebgram tersebut akan memperhatikan produk yang diposting melalui akun selebgram, dan mendapatkan tambahan followers, like, sehingga order produk kamu juga akan semakin bertambah.

Kepercayaan Pelanggan Meningkat

Apa itu Endorsement ?

Ketika produk kamu di-endorse oleh seorang influencer atau public figure yang memiliki citra positif dalam sudut pandang masyarakat umum, hal ini bisa membuat masyarakat percaya akan apa yang disampaikan oleh influencer atau public figure tersebut.

Karena itu, kepercayaan konsumen akan menjadi mengalami peningkatan karena produk yang dipromosikan sangat menarik perhatian dan disampaikan dengan penuh kepercayaan. Hal ini bisa menyebabkan meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap produk dan bisnis kamu, bahkan bisa untuk jangka waktu yang lama.

Download Aplikasi Untuk Bisnis Manajemen Anda, Klik Disini !!

Apa Saja Kelebihan Promosi dengan Cara Endorse

Setelah kita membahas tentang pengertian endorse, maka kita harus mengetahui apa saja kelebihan dari metode pemasaran ini, berikut ini adalah kelebihan iklan dengan menggunakan cara endorse.

Promosi Lebih Efektif

Seperti yang sebelumnya sudah kita bahas, bahwa setiap akun artis atau orang terkenal biasanya mempunyai followers yang selalu memperhatikan kegiatan mereka. Selain itu, berbagai hal yang sifatnya pribadi pun sering kali mereka unggah ke media sosial untuk menjadi konsumsi masyarakat.

Menghemat Biaya Pemasaran

Selain efektif, kegiatan pemasaran menggunakan endorsement juga biasanya lebih hemat. Artinya, dana yang dikeluarkan akan jauh lebih hemat dan akan berdampak besar daripada menggunakan media lain seperti tv, atau radio.

Meningkatkan Penjualan dan Jumlah Followers

Kebanyakan artis pasti memiliki banyak fans yang mengikuti gaya dan juga menggunakan produk apapun yang digunakan oleh artis tersebut. Saat ingin memposting suatu produk kecantikan, hampir bisa dipastikan banyak followers dari artis tersebut yang ingin menggunakan produk seperti yang digunakan oleh artisnya, dan hal tersebut tentunya akan membuat produk Anda laris manis.

READ  7 Tips Memilih Software Toko Baju Yang Anda Kelola

Panduan Melakukan Endorse Sesuai Budget

Nah, apa kamu tertarik untuk melakukan endorse ini, apalagi setelah mengetahui keuntungannya? Jangan terburu-buru dulu ya, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya biaya promosi tidak membengkak atau melebihi budget yang sudah ditetapkan, caranya yaitu :

Sediakan Dana yang Cukup

Akan lebih baik kalau melakukan pemisahan dana dalam bisnis. Terutama untuk mengetahui dana yang masuk dana produksi, dana marketing, dan laba yang diperoleh. Karena hal ini sebaiknya dilakukan sejak dari awal supaya keuangan perusahaan kamu bisa lebih terorganisir dengan baik dan mendapatkan laba.

Nah, saat pertama Anda membuat suatu bisnis, jangan buru-buru menghabiskan dana untuk endorse ya. Kenapa? Karena biaya endorse itu tidak murah lho, apalagi kalau Anda memilih jasa artis sebagai endorser, Selain itu harus mengeluarkan budget hingga jutaan rupiah sesuai dengan perjanjian dengan artis tersebut.

Untuk awal memulai bisnis, Anda bisa mencoba untuk menaikkan followers secara gratis atau dengan bantuan Instagram Ads. Walaupun kamu tetap mengeluarkan uang saat split test, tapi dananya bisa ditekan semaksimal mungkin.

Tentukan Target Artis atau Influencer

Jangan lupa untuk menentukan target artis atau influencer endorse yang terbaik dan jangan asal-asalan ya. Menentukan target endorse juga harus mewakili target pasar Anda.

Misalnya, produk yang akan Anda jual adalah tote bag, maka target pasarnya adalah anak muda sehingga harus memilih artis endorse yang memiliki  latar belakang sama. Jangan sampai Anda  salah pilih artis endorse, karena bisa membuat target pasar kamu tidak tepat sasaran dan produk Anda akan susah untuk laku terjual.

Usahakan Endorse Secara Rutin

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan melakukan endorse secara rutin, misalnya, 2 minggu sekali atau paling tidak sebulan sekali. Karena dengan kamu sering endorse, maka semakin dikenal produk kamu di masyarakat. Anda jadi tidak perlu repot menyakinkan konsumen tentang kelebihan produk Anda karena sudah dikenal dan diminati oleh masyarakat.

Pastikan Stok Produk Cukup

Hal penting lainnya yang harus disiapkan yaitu, stok produk yang di endorse. Pastikan kalau kamu memiliki stok yang banyak dan cukup. Karena biasanya konsumen menginginkan produk yang sama persis dengan apa yang dikenakan idolanya tersebut. Sayang sekali kan, kalau tingkat pelanggan tinggi tapi karena stok produk tidak mencukupi jadi kamu tidak bisa menjual produk kamu lebih banyak?

Download Aplikasi Untuk Bisnis Manajemen Anda, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.