Ingin tau Cara Sukses Memimpin Start Up ?, Ikuti 8 Tips Berikut

Cara Sukses Memimpin Start Up – semua orang berpikir jika mereka merupakan seorang pemimpin. Meski kenyataannya sebagian besar jauh dari itu. Seperti saat membangun startup, untuk bisa sukses, sangat bergantung pada kepemimpinan dan kemampuan beberapa orang untuk mengatur tujuan sehari-hari dan jangka panjang bisnis yang digelutinya.

Meskipun terdengar sederhana, tetapi kenyataannya adalah tidak semua orang cocok untuk memimpin dan menjalankan startup hingga mencapai kesuksesan. Ini membutuhkan pola pikir dan segudang keterampilan tertentu.

saat kita memulai bisnis, itu merupakan awal dari perjalanan karier kita. Entah itu startup atau apapun, membangun bisnis dari awal adalah suatu tantangan luar biasa yang pasti akan dihadapi oleh semua pemilik bisnis.

Jadi, apakah Anda adalah seseorang yang baru saja memulai startup? dan sedang meraba-raba tentang seperti apakah keberhasilan sebuah startup itu?.

Tenang, Anda tidak harus melakukannya sendiri. Lebih dari 99 persen pengusaha di Amerika Serikat membentuk sebuah komunitas untuk mendukung satu sama lain. Seperti yang kita ketahui, mendirikan sebuah bisnis memerlukan keteguhan dan mental yang kuat, hal ini membuat pengusaha untuk saling mendukung satu dengan yang lainnya, meskipun nyatanya mereka adalah pesaing satu sama lainnya.

Di dalam komunitas, kita dapat menemukan sumber daya seperti program, basis data, grup media sosial, orang-orang yang tahu bagaimana rasanya berjalan dengan sepatu yang sama (maksudnya: menjalani bisnis seperti Anda).

Sejumlah sumber daya spesifik industri dapat membantu kita memperluas perusahaan dan basis pengetahuan pribadi, meningkatkan peluang keberhasilan bagi Anda dan bisnis yang dimiliki.

Sebelum itu  lebih baiknya kita mengetahui dulu apa itu startup

Apa itu Start up ?

Istilah Startup sendiri merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Menurut Wikipedia, Startup merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Saat ini istilah Startup lebih banyak digunakan untuk menjelaskan perusahaan yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

Sejarah Singkat Startup

Istilah dari kata startup adalah sesuatu yang sangat identik serta kerap kali dihubung-hubungkan dengan perusahaan baru di bidang teknologi dan informasi. Hal ini berawal ketika startup menjadi populer secara internasional pada masa bubble dot-com sekitar tahun 1998 hingga 2000. Banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan pada periode tersebut, dikarenakan saat itu sedang gencarnya perusahaan perintis untuk membuka website pribadi demi memulai bisnisnya.

Kejadian ini berdampak dengan semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dan waktu itu pula lah, startup lahir dan berkembang. Sehingga kata startup mengalami pergeseran makna dan arti, menjadi bisnis yang selalu identik dengan dunia digital, teknologi informasi dan aplikasi.

Nah Berikut Adalah Tips memimpin startup

Berikut 8 tips yang bisa membantu Anda memimpin tim saat menjalankan bisnis startup, dilansir dari laman Business Insider, Senin (20/4/2020).

Cara Sukses Memimpin Start Up

  1. Percaya diri, bersemangat dan positif

Keyakinan itu membuat Anda ketagihan. Jika Anda menunjukkan wajah percaya diri, tim juga akan merasakan hal yang sama. Hal itu mengarah pada tim yang kuat dan positif yang mampu mencapai titik awal.

READ  Kontrak Konstruksi Dalam Pengerjaan

Kasih sayang dan antusiasme itu sifatnya menular. Pemimpin besar bersemangat tentang apa yang mereka lakukan, dan mereka berusaha untuk membagikan hasrat itu kepada semua orang di sekitar mereka.

Hal positif berhubungan dengan hasrat, tetapi kadang-kadang positif lebih sulit disebarkan daripada negatif. Penelitian telah menemukan bahwa berpikir positif lebih bermanfaat bagi tim daripada motivator non-finansial lainnya, dan ia mempromosikan pola pikir tim yang sehat.

  1. Buat Perencanaan

Saat membuat rencana perusahaan, Anda perlu melakukannya dengan seluruh tim, sehingga mereka semua merasa seolah-olah dihargai dalam memuruskan keputusan-keputusan dari perusahaan.

Alih-alih membuat proses yang dipaksakan pada mereka, Anda perlu memiliki visi yang jelas tentang apa yang pekerja tuju dan apa tujuan akhirnya.

  1. Bertanggung jawab

Seorang pemimpin adalah seseorang yang ingin diikuti oleh suatu tim, biasanya karena mereka telah menunjukkan integritas pribadi. Seorang pemimpin yang bertanggung jawab bertindak tanpa pamrih dan untuk kepentingan tim.

Pemimpin yang bertanggung jawab melakukan penilaian mendalam berdasarkan fakta dan data yang dikumpulkan daripada langsung ke kesimpulan.

  1. Memotivasi dan rendah hati

Visi adalah ide yang jelas tentang ke mana Anda akan pergi. Perasaan memiliki tujuan adalah tentang memahami mengapa ingin pergi ke sana. Orang-orang senang merasa mereka bagian dari sesuatu yang lebih besar daripada diri sendiri, dan para pemimpin hebat memberi perasaan pada orang lain.

Tim anggota hanya akan berkinerja baik jika mereka termotivasi dan dapat melihat alasan untuk melakukan sesuatu. Ini adalah keterampilan inti seorang pemimpin yang hebat untuk membuat tim mereka menjadi sukses.

  1. Pahami tim

Para pemimpin hebat memperjelas bahwa mereka menyambut tantangan, kritik, dan sudut pandang selain dari tantangan mereka sendiri.

READ  3 Tips Sukses Membuka Usaha Toko Bangunan

Tidak masalah, tunjukkan pada orang yang bekerja sama dengan Anda bahwa berada di tim yang sama dan mampu berjalan jauh. Tim tidak akan 100 persen efektif sepanjang waktu, dan anggota tim akan memiliki hari libur.

Menghabiskan waktu untuk memahami masing-masing anggota grup Anda dan mengenali masalah apa pun, baik pekerjaan atau pribadi, yang dapat mempengaruhi mereka di tempat kerja akan jauh.

  1. Merangkul pekerja dari segala usia

Banyak startup mencoba untuk mengumpulkan tim muda dan dinamis. Pemimpin yang cerdas akan berusaha untuk melibatkan lebih banyak orang yang berpengalaman dalam sebuah tim dan merangkul pengetahuan dan pengalaman mereka.

Pekerja yang lebih tua memiliki banyak hal untuk ditawarkan dan dapat menjadi mentor yang hebat bagi anggota tim yang lebih muda yang mungkin tidak mengalami beberapa masalah yang dialami oleh pekerja yang lebih tua.

  1. Menyiapkan sumber daya yang tepat

Tim tidak dapat bekerja tanpa alat dan bahan yang tepat. Ini adalah tanggung jawab Anda sebagai pemimpin untuk memastikan bahwa mereka memiliki apa yang jadi kebutuhan.

Itu berarti bahwa Anda mungkin harus membantu anggota tim jika mereka ditugaskan dengan sesuatu yang membutuhkan sumber daya.

  1. Berkomunikasi di semua tingkatan

Komunikasi adalah pekerjaan nyata dari kepemimpinan. Ini adalah elemen mendasar bagaimana para pemimpin mencapai tujuan mereka setiap hari.

Sebagai seorang pemimpin yang efektif, Anda harus melibatkan orang-orang di semua tingkatan bisnis dan memastikan bahwa mereka memahami dengan tepat apa yang dibutuhkan.

Seorang komunikator yang baik mampu menyampaikan pesan dan meredakan ambiguitas. Orang-orang akan pergi memahami pesan dan siap untuk mengikuti petunjuk Anda.

Download Aplikasi Kasir Gratis, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.