Apa sih Pentingnya Pengelolaan Stok Yang Akurat dan Tepat ?

Pentingnya Pengelolaan Stok Yang Akurat – Apabila anda adalah seorang pemilik suatu bisnis yang menjual produk berupa barang, pasti anda sangat memahami bagaimana pengelolaan stok barang berperan penting pada suatu bisnis. Jika anda mampu mengelola stok barang secara akurat, maka Anda dapat memperkirakan total barang yang perlu diproduksi atau dipesan pada periode penjualan selanjutnya.

Pengelolaan stok yang akurat merupakan hal yang cukup penting dalam bisnis. Jika jumlah stok barang yang sedikit tentunya masih mudah untuk dikelola. Tetapi bagaimana bila bisnis anda mulai berkembang dan stok barang yang dikelola pun semakin banyak hingga mencapai angka ribuan. Pastinya itu bukan lagi hal yang mudah untuk dikerjakan.

Pada saat anda tidak mengelola stok barang dengan baik maka kemungkinan hal-hal seperti kelebihan/kekurangan barang, kehilangan barang dan terganggunya jadwal pengiriman akan terjadi. Jika hal ini terus terjadi kemungkinan anda akan mengalami kerugian.

Tidak jarang para pedagang merasa mampu mengingat semua jumlah stok di luar kepala, tapi pada kenyataannya kemampuan ingatan manusia sangat terbatas. Jika jumlah stok barang yang ada sedikit, mungkin hal ini akan cukup mudah dilakukan, namun apa yang terjadi kalau kita memiliki stok yang beragam dalam jumlah besar? Mustahil kita dapat mengingatnya secara akurat, apalagi mengelolanya. Akibatnya, pelaku UMKM sering tidak menyadari ketika terdapat barang yang hilang atau rusak. Bagaimana sebuah bisnis dapat berhasil jika hanya mengedepankan hal-hal yang kelihatannya penting tanpa memedulikan setiap aspek yang faktanya mendukung keberlangsungan usaha?

Telebih lagi Urusan pencatatan stok produk sangat sering disepelekan oleh para pelaku usaha, terutama pedagang kecil atau pelaku UMKM. Kegiatan ini tampaknya rumit dan membosankan, sehingga para pengusaha cenderung mengesampingkannya. Padahal, pengelolaan stok yang rapi adalah salah satu indikator untuk dapat menilai sehat atau tidaknya sebuah usaha.

Daftar Isi

Download Aplikasi Pengelolaan Stok Yang Akurat Untuk Penjualan, Klik Disini !!

Kekurangan pengelolaan stok yang tidak akurat Dibandingkan dengan pengelolaan stok yang akurat

  1. Akurasi yang rendah

Menjaga supaya jumlah barang yang dicatat sesuai dengan jumlah barang yang di gudang adalah tantangan terberat dalam manajemen stok barang. Umumnya, masalah ini terjadi karena kesalahan manusia atau human error.

  1. Tata letak gudang yang tidak efisien

Setiap industri punya cara sendiri dalam mengatur tata letak barang di gudangnya. Belum tentu tata letak gudang yang cocok untuk bisnis retail bisa digunakan di gudang bisnis manufaktur atau rental.

Tata letak gudang yang tidak sesuai dengan jenis industrinya kerap berakibat terhambatnya lalu lintas barang yang masuk dan keluar gudang. Ujung-ujungnya, pelayanan pelanggan pun akan terganggu.

Namun ada satu hal yang umum dilakukan untuk meningkatkan efisiensi manajemen stok barang. Biasanya, barang yang paling banyak dicari oleh pelanggan diletakkan di tempat yang mudah diakses sehingga mudah untuk diambil dan dikirim ke pelanggan.

  1. Kontrol kualitas yang rendah

Dalam beberapa kasus, staf yang menjalankan quality control ikut terlibat dalam proses pengambilan barang di gudang, mengemas barang, sampai dengan pengiriman. Akibatnya, kesalahan akan sulit ditemukan.

Untuk mengatasinya, pisahkan staf yang tugasnya mengontrol kualitas dengan staf yang menjalankan pekerjaan lainnya di gudang. Dengan demikian kualitas barang di gudang, kualitas pengepakan dan barang yang akan dikirim bisa tetap terjaga.

Pengelolaan Stok yang Akurat

Lalu Bagaimana cara  dan tips Pengelolaan Stok Yang akurat dan Tepat

Nah, supaya Anda dapat terbantu dalam pengelolaan stok yang akurat , ikutilah tips-tips di bawah ini :

  1. Mengumpulkan data selengkap mungkin

Jika dilihat secara sederhana, mengelola stock barang dapat diartikan sebagai aktivitas menerima, menyimpan, bahkan mengeluarkan barang dari persediaan. Kedengarannya memang sangatlah sederhana. Tetapi supaya bisa melakukannya, Anda memerlukan data yang akurat dari pengelolaan stok barang sebelumnya. Data tersebut lah yang akan menjadi landasan utama anda untuk menentukan angka persediaan selanjutnya. Anda harus memastikan bahwa barang yang ada di gudang mempunyai jumlah sama dengan yang tercatat pada data. Apabila Anda menemukan ketidaksesuaian, segeralah untuk melakukan analisis dan cari tahu apa penyebabnya sebelum anda mengelola stock barang ke tahap selanjutnya.

  1. Membuat forecast persediaan

Forcast persediaan di sini yaitu membuat perkiraan total barang yang akan anda tambah untuk stok di gudang. Cara terbaik untuk melakukan forecast persediaan yaitu dengan perhatikan data penjualan pada periode sebelumnya. Contohnya, apabila anda menjual 500 barang per bulan selama 1 tahun terakhir, maka kemungkinan besar juga Anda akan membutuhkan sebanyak 500 barang untuk bulan selanjutnya. Tetapi, Anda tak boleh melupakan untuk mempertimbangkan momen-momen khusus seperti hari raya, libur sekolah, dan lain sebagainya. Hal tersebut tergantung dari jenis barang yang ada jual, maka mau nomor tersebut biasanya membuat beberapa penjualan Anda meningkat.

  1. Mengeluarkan stok barang lama terlebih dahulu

Prinsip pengelolaan stok barang yang paling penting salah satunya yaitu mengeluarkan stok barang yang usianya lebih lama terlebih dahulu, bukannya mengeluarkan stok barang terbaru. Kesimpulannya, jika setelah melakukan forcast persediaan ternyata anda perlu mengeluarkan beberapa stok barang lagi, maka keluar kan yang usianya paling lama terlebih dahulu. Belum lagi apabila anda menjual barang-barang yang dapat basi atau busuk seperti bahan contohnya susu atau buah-buahan. Tapi tips tersebut juga berlaku untuk stok barang yang tidak dapat basi yaitu bisa menjaga kondisi barang anda selalu prima.

  1. Pengecekan sebelum menyimpan barang

Sebelum Anda memasukkan barang ke gudang atau rak, anda jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada barang tersebut. Cara ini bisa membantu Anda supaya mengetahui barang mana yang kondisinya sudah tidak sempurna, terdapat kesalahan produksi, ataupun kesalahan lain sebelum anda memutuskan untuk menyimpan barang-barang tersebut. Terutama untuk barang-barang yang cacat, Anda dapat mengumpulkan nya di dalam satu tempat. Kemudian, berikan keterangan yang berupa/catatan kecil tentang jenis cacat atau bagian mana yang mengalami kekurangan. Hal tersebut dapat mencegah anda dari menerima komplain pelanggan yang kecewa sebab produk Anda memiliki kondisi yang tidak prima

  1. Atur Tempat Penyimpanan agar Lebih Efisien

Tempat penyimpanan yang baik dimulai dari menata barang agar menjadi lebih rapi. Ketika anda menyusun barang-barang dengan teratur, maka pengambilan barang akan lebih mudah dan kemungkinan rusaknya barang akan berkurang. Selain itu anda juga tidak kesulitan untuk mencari barang yang dibutuhkan.

READ  Berikut Ini Tips Menentukan Produk Bisnis Yang Cocok Untuk Anda

Jika anda memiliki banyak jenis barang maka pisahkan sesuai jenis dan kategori barang tersebut. Letakkan barang anda dalam rak-rak dan berilah label kepada tiap-tiap rak sesuai dengan kategori yang ada. Sediakan juga rak khusus untuk barang yang sering terjual dan pindahkan ke tempat yang mudah diakses agar memudahkan pengambilan barang.

  1. Gunakan aplikasi Inventaris untuk membantu anda untuk mendapatkan Pengelolaan stok yang akurat

 Kenapa Anda harus memakai  Software Inventaris Barang ? “

Kelebihan utama dari software inventaris ini adalah penggunaannya yang sangat mudah dibandingkan dengan yang lain. Semua menu disajikan dengan sederhana, mudah dimengerti namun tidak mengurangi manfaat dan fungsi dari software itu sendiri. Software ini juga menggunakan bahasa indonesia, jadi sangat simple sekali jika anda memakai aplikasi ini.

Software ini sendiri sudah digunakan oleh berbagai perusahaan dan sekolah diseluruh Indonesia. Mereka sangat puas dengan software Kasir Toko ini. Harganya relatif murah terjangkau dan banyak sekali fitur-fitur yang bermanfaat, mangkanya banyak orang setelah membeli software ini, mereka merasa puas dengan aplikasi buatan IT Brain Indonesia .

Download Aplikasi Pengelolaan Stok Yang Akurat Untuk Penjualan, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.