Software Apotek

Software Apotek The Pills | Optimalkan Kinerja Apotekmu

Aplikasitoko.com – Sofware Apotek. Seperti yang anda ketahui mengenai Apotek. Apotek merupakan sebuah tempat untuk menjual obat dan terkadang apotek juga membuat atau meramu obat. Atau bisa juga tempat yang dilakukan pekerjaan kefarmasian penyaluran perbekalan farmasi kepada masyarakat.

Selain itu di dalam apotek sendiri juga terdapat pelaporan yang harus dilakukan. Dan terkadang pelaporan ini dilakukan harian maupun bulanan tergantung dari apotek tersebut. Berikut untuk lebih jelasnya.

Pelaporan Apotek

  • Laporan Harian

Merupakan sebuah laporan yang berisikan tentang barang yang terjual, maupun pengeluaran dan pemasukan obat yang masuk di apotek tersebut. Untuk melakukan laporan harian ini adalah dengan cara pencatatan jumlah obat yang masuk dan keluar setiap harinya.

Laporan ini dibuat di apotek sebelum obat dicatat pada pagi hari, setelah itu obat yang masuk dan keluar dicatat di dalam buku stok yang kemudian akan dicatat kembali pada sore hari

  • Laporan Bulanan

Untuk laporan yang satu ini biasanya terdapat laporan obat dengan golongan narkotika maupun psikotropika yang masuk dan keluar selama 1 bulan.

Seperti yang anda lihat dari pembahasan di atas. Untuk melakukan pelaporan ini terbilang tidak efisien, terlebih lagi untuk laporan harian. Mengapa demikian? karena untuk melakukan laporan anda harus melakukan pencatatan secara tepat dan akurat yang dilakukan setiap hari.

Di samping itu belum lagi jika seorang karyawan tersebut melakukan kesalahan. Entah dalam hal penulisan maupun sebagainya. Dan terkadang sebagian apotek mungkin masih melakukan pelaporan dengan menggunakan cara manual seperti menulis di buku besar.

Hal ini dapat mempengaruhi kinerja dari apotek tersebut. Atau bahkan untuk kemungkinan terburuknya adalah menurunnya kualitas apotek. Nah untuk itu untuk menghadapi permasalahan di atas adalah dengan cara menggunakan Software Apotek The Pills ini.

Software Apotek The Pills

Mungkin bagi sebagian orang akan bertanya-tanya, mengapa? Karena dengan adanya Software Apotek ini anda mendapatkan banyak keuntungan. Salah satu diantaranya adalah dalam hal pelaporan jauh lebih efisien, akurat dan terdapat fitur backup juga.

Di dalam software ini memiliki beberapa fitur selain dalam hal pelaporan. Yakni diantaranya anda bisa memasukkan supplier, satuan obat, jenis obat, pelanggan, form pembelian dan juga form penjualanan. Di software ini juga terdapat laporan tentang pendapatan dan laba/rugi. Untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

1. Form Pembelian

Form Pembelian

Untuk form pembelian ini pastinya berhubungan dengan re-stock barang. Yang mana anda bisa membeli barang dari supplier. Dan seperti yang anda lihat diatas di form pembelian anda dapat mengatur jumlah obat yang di beli, menentukan harga satuan obat, dan juga menentukan harga jual dari obat tersebut.

Namun sebelum melakukan re-stock barang. Anda harus mengisi data supplier dan data obat terlebih dahulu pastinya.

2. Form Penjualan

Form Penjualan

Seperti yang dapat anda lihat di atas. Di dalam form ini anda bisa memasukkan pelanggan yang ingin membeli obat anda. Dan memilih obat apa saja yang dibeli pelanggan.

3. Laporan Pembelian & Penjualan Obat

Laporan Pembelian & Penjualan

Dan yang satu ini adalah berkaitan dengan laporan. Dapat anda lihat dari gambar diatas, didalam laporan penjualan anda bisa melihat detail obat apa yang dibeli saat re-stock pada form pembelian.

Untuk laporan penjualan sendiri mempunyai fungsi yang sama dengan laporan pembelian yaitu melihat detail transaksi. Akan tetapi di dalam laporan penjualan ini anda bisa melihat detail obat apa saja yang sudah dibeli oleh pelanggan.

ADD YOUR COMMENT

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *