Prediksi Tahun 2021 Ada 19 Peluang Usaha Paling Menjanjikan

19 Peluang Usaha Paling Menjanjikan – Menjalankan bisnis perlu perencanaan tepat. Anda harus menentukan bisnis apa yang ingin dijalankan, lalu mempelajari peluang usaha bisnis tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memahami kemampuan Anda dalam menjalankannya.

Pada artikel ini, kami akan membagikan 19 Peluang Usaha Paling Menjanjikan potensi keuntungan yang baik. Dengan demikian, Anda tak perlu melakukan riset sendiri, dan bisa memilih manakah yang paling sesuai untuk Anda.

Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang Peluang Usaha?

Memulai bisnis Anda sendiri adalah pilihan yang bijaksana.

Alasannya, bisnis pribadi memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Faktanya, hampir 54% pebisnis pribadi mengaku pendapatannya meningkat.

Selain itu, sebanyak 26% dari pebisnis tersebut ingin mendapatkan kebebasan dalam menjalankan usahanya sendiri. Tentu, dengan tujuan untuk terus membangunnya menjadi lebih baik.

Namun, hal tersebut tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk memulai bisnis yang menghasilkan, ada beberapa tips yang bisa Anda coba:

Ikuti Passion Anda

Menjalankan bisnis sesuai dengan passion  membuat Anda tidak gampang menyerah. Alasannya, Anda akan sangat mencintai pekerjaan tersebut. Berbagai tantangan yang muncul akan Anda hadapi dengan tenang dan fokus.

Bisnis yang Anda jalankan pun bisa berangkat dari hal yang Anda sukai, seperti traveling, camping, dan lainnya. Sudah banyak contoh sukses bisnis yang berangkat dari hobi.

Go Online

Untuk membantu bisnis Anda tumbuh dengan pesat, manfaatkanlah kecanggihan teknologi.

Ya, go online memang sudah bukan lagi pilihan. Bisnis yang go online akan menjangkau pasar yang lebih luas tanpa terbatas waktu dan lokasi. Potensi keuntungannya pun cukup besar.

Faktanya, transaksi ecommerce di Indonesia tahun ini saja mencapai Rp13 triliun/bulan. Fantastis!

Bisnis yang ditunjang hadirnya sebuah website toko online akan mampu menarik lebih banyak calon konsumen. Apalagi jika didukung dengan kemudahan bagi konsumen menemukan bisnis Anda, seperti mendaftarkannya ke Google Bisnisku.

Hasil yang diraih tentu akan lebih optimal, bukan?

Kenali Persaingan

Memiliki produk yang bagus tidak begitu saja menjamin kesuksesan bisnis Anda. Salah satu faktornya adalah hadirnya persaingan usaha yang ketat.

Seringkali Anda harus “berbagi kue” dengan kompetitor dan menerapkan strategi perang harga yang cukup sengit. Bagi pebisnis, kondisi ini tentu kurang menguntungkan.

Solusi untuk hal ini adalah melakukan riset pasar atas peluang usaha yang ingin Anda jalankan. Selain itu, Anda juga bisa mencari niche (lingkup bisnis) yang masih belum banyak digarap oleh pebisnis lain.

Peluang Usaha yang Paling Menjanjikan

Daftar Peluang Usaha Paling Menjanjikan

Berikut ini adalah daftar Peluang Usaha Paling Menjanjikan terbaru yang paling menjanjikan di tahun 2021, bahkan bagi pemula sekalipun.

Kami memilih Peluang Usaha Paling Menjanjikan ini berdasarkan tipe bisnisnya, jenis bisnisnya (apakah online atau offline), dan modal yang diperlukan (kecil atau menengah).

1. Menciptakan Produk Kreatif Ramah Lingkungan

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Menciptakan produk bermanfaat sambil tetap menjaga lingkungan bisa menjadi peluang usaha yang baik.

Inilah contoh yang diberikan oleh Deasy Esterina, pemilik bisnis ramah lingkungan Kreskros, ketika memproduksi tas kreatif dari sampah plastik. Bisnis ini terbukti mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Pangsa pasarnya juga sudah internasional.

Deasy memulai usahanya dengan modal Rp10 juta untuk membeli berbagai perlengkapan. Ia memasarkan produknya melalui media sosial dengan membangun kesadaran penggunaan produk ramah lingkungan. Kemudian, melalui website Kreskros.com, ia terus menggarap bisnisnya dengan lebih serius.

Hasilnya, omzet penjualannya kini mencapai Rp60 juta/bulan.

2. Kursus Online

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil

Anda memiliki keahlian di bidang tertentu? Memulai bisnis kursus online tentu sebuah pilihan tepat.

Membangun sebuah kursus reguler membutuhkan tempat khusus dan berbagai keperluan lainnya. Persiapannya banyak dan persaingan usahanya pun masih cukup sengit.

Kursus online berbeda. Selain Anda bisa memulai bisnis tersebut dari rumah, jenis keahlian yang bisa ditawarkan pun beragam. Kursus yang umum Anda temui tentu terkait dengan bahasa asing maupun mata pelajaran sekolah lainnya. Sebenarnya tidak hanya itu.

Contohnya, Amimono. Website tersebut menawarkan kursus merajut online. Berbagai skil merajut mulai dari knittingcrochet hingga yubiami bisa Anda dapatkan ketika mengikuti kelas yang ditawarkan.

Nah, sudah menemukan ide untuk kursus online Anda?

3. Usaha Rental Mobil

Tipe: Bisnis: Reguler
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Menengah – Besar

Bisnis sewa mobil mungkin sudah banyak Anda temui. Modal awal yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Jadi, Anda mungkin tidak begitu tertarik mencobanya.

Namun, Anda bisa mengambil inspirasi dari Aldi Febian Mahabian, seorang pengusaha rental mobil. Cerita pebisnis ini menunjukkan bahwa untuk memulai bisnis, kreativitas merupakan faktor kunci, tidak melulu modal.

Saat itu sebagai sopir mobil rental, ia menemukan peluang usaha bahwa masyarakat menginginkan seorang sopir yang berpenampilan baik dan berwawasan luas. Menggunakan Twitter, ia mulai mempromosikan “jasa sewa driver good looking”.

Lambat laun, kliennya semakin banyak. Dengan sistem bagi hasil, bisnisnya semakin berkembang. Penghasilan yang ia terima tiap bulan pun bisa mencapai hingga Rp78 juta.

Bisnis rental mobil ini terbukti tidak hanya bisa dilakukan offline saja, namun bisa secara online seperti yang ditunjukkan oleh drive.id.

4. Jasa Pembuatan Website

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil – Menengah

Peluang Usaha Paling Menjanjikan – Salah satu bisnis menjanjikan yang bisa dijalankan dari rumah adalah jasa pembuatan website.

Jika Anda seorang web developer, tidak ada salahnya menekuni bisnis ini. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Seperti halnya bisnis jasa yang lain, peluang keuntungannya cukup besar.

Tidak hanya dari jasa pembuatan website saja, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kerjasama dengan pihak lain.

Seperti yang Anda ketahui, sebuah website akan membutuhkan domain dan hosting agar bisa online. Maka, Anda juga bisa sekaligus menjadi reseller hosting dan domain. Menariknya, Anda bisa memulai kerjasama tersebut tanpa modal dan biaya pendaftaran.

5. Wedding Organizer

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Setiap pasangan calon pengantin ingin momen spesialnya berlangsung sempurna. Oleh karena itu, seorang wedding organizer selalu dibutuhkan untuk mengatur rangkaian acara.

Dari sisi bisnis, ini tentu peluang usaha yang baik.

Jangan dulu beranggapan bahwa bisnis ini sudah tidak prospek seiring bertambahnya jumlah wedding organizer. Faktanya, nilai industri dari bisnis pernikahan di tahun ini saja mencapai Rp500 triliun.

Sekali lagi, kreativitas Anda dalam mengenali pasar menjadi kunci. Inilah yang dicontohkan oleh Fitri Aulia Abdullah yang menawarkan jasa wedding organizer dengan konsep syar’i.

Apakah modal yang dibutuhkan sangat besar? Tidak juga. Fitri mengaku memulai bisnis tersebut tanpa modal. Seorang wedding organizer lain bernama Yupitirani menggunakan modal Rp3 juta untuk memulai bisnis ini.

6. Affiliate Marketing

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil

Affiliate marketing memungkinkan Anda mendapatkan uang dengan mempromosikan produk pihak lain. Peluang usaha ini cukup menggiurkan. Sebab, Anda bahkan bisa memulainya tanpa modal.

Cara kerjanya pun cukup mudah. Jika seseorang membeli produk menggunakan kode referral yang Anda berikan, Anda akan mendapatkan komisi sesuai perjanjian yang disepakati.

Program Afiliasi Indonesia dari Niagahoster merupakan salah satu contohnya. Anda bisa mendapatkan komisi 70% dari penjualan hosting. Tentu saja Anda harus mendaftar sebagai affiliate terlebih dahulu.

7. Menciptakan Kerajinan Tangan

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Keterampilan dalam mengolah suatu bahan menjadi kerajinan tangan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Anda pun tak harus memulainya dengan modal besar. Dengan beberapa ratus ribu saja, Anda sudah bisa memulainya. Yang paling penting, ketekunan dan kejelian melihat peluang usaha.

Begitulah pesan yang bisa diambil dari I Nyoman Gede Sumaartha, seorang pengusaha kerajinan tangan asal Bali. Mengawali usaha dari menjual produk orang lain, ia merasa mutu bahan dari supplier-nya kurang berkualitas. Maka, ia berinisiatif untuk menciptakan produknya sendiri demi menjamin kepuasan pelanggannya.

Produk ciptaannya terbukti sangat disukai bahkan diekspor hingga ke luar negeri. Berapa omzet bisnisnya per bulan? Mencapai Rp700 juta.

Anda juga bisa belajar dari kesuksesan Yanis Gallery asal Yogyakarta yang merambah pasar ekspor dengan menggunakan website sebagai media promosi. Berbagai penghargaan pun diraih berkat ketekunan mereka di bisnis tersebut.

8. Menjadi Dropshipper

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil

Dropship juga memungkinkan Anda memulai bisnis tanpa modal. Namun, jangan salah, potensi penghasilannya tidak dapat dianggap remeh.

Model bisnis dropship mirip dengan reselling. Hasil keuntungannya berasal dari selisih harga yang Anda terima dari pembeli untuk membeli produk dari penjual. Bedanya, dropship tidak menuntut Anda memiliki gudang sendiri. Sebab, penjuallah yang akan mengirimkan barang ke konsumen.

Aprie Angeline adalah salah satu orang yang sukses dari bisnis dropship.

Ia mengawalinya dengan menjual produk pakaian yang ternyata tidak begitu berhasil. Setelah berganti menjadi reseller produk kecantikan, penghasilannya meningkat drastis. Ia bisa mendapatkan puluhan juta dalam beberapa bulan saja.

Hingga saat ini, bisnis dropship masih cukup potensial. Beberapa platform seperti YukDropship pun mulai marak menawarkan kerjasama bisnis ini.

9. Berjualan Perangkat Lunak/Software

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Teknologi informasi berkembang pesat dan belum akan berhenti. Bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang pemrograman, Anda bisa menjajal bisnis penjualan software.

Sudah banyak sosok sukses di bisnis ini. Anda bisa menjadi salah satunya.

Sebut saja nama Donny Kris Puriyono. Lulusan STIKI Malang ini menciptakan banyak software, mulai dari software laboratorium bahasa hingga manajemen sekolah. Usahanya cukup berhasil hingga menembus pasar ekspor. Bahkan, ia berhasil membentuk perusahaan IT sendiri.

10. Usaha Potong Rambut

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Anda pernah melihat acara “The Cuts Indonesia” yang tayang di TV? Sebuah acara untuk mencari penata rambut terbaik. Acara tersebut menunjukkan bahwa seni penataan rambut sudah menjadi tren gaya hidup masyarakat saat ini.

Bagi pebisnis, ini adalah peluang usaha yang bisa dikembangkan.

Untuk memulai bisnis ini pun tidak diperlukan modal yang besar. Misalnya, Nikasius Dirgahayu hanya butuh Rp.2 juta saja ketika membangun Nick The Barbership. Modal tersebut digunakan untuk membeli perlengkapan potong rambut, perabotan pendukung dan biaya promosi awal.

Omzet yang didapat dari usahanya itu kini telah lebih dari Rp.15 juta/bulan.

Jika Anda memiliki tempat di rumah yang bisa dimanfaatkan, Anda tidak perlu menyewa ruko. Artinya bisnis ini bisa jadi bisnis rumahan.

Jika sudah berkembang, Anda bisa mengikuti jejak Arfa Barber Shop dan Toekang Tjoekoer untuk menjadikannya bisnis franchise. Tentu Anda sebagai franchisor-nya.

11. Jasa Penitipan Anak

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Menengah – Besar

Suka dengan anak-anak dan ingin menjalankan bisnis dari rumah? Membuka jasa penitipan anak bisa menjadi pilihan yang menarik.

Bisnis ini sangat cocok dijalankan di kota-kota besar. Kesibukan orang tua bekerja seringkali mengharuskan anak dititipkan ke pihak lain. Ini bisa jadi peluang bisnis.

Pada awalnya, Anda mungkin harus menyiapkan modal untuk melakukan renovasi rumah Anda. Tujuannya, menjadikan rumah Anda area bermain yang menyenangkan. Selain itu, Anda perlu membeli beberapa perlengkapan bermain anak sekaligus upaya mempromosikan usaha.

Katakanlah tarif penitipan anak per bulan Rp500 ribu. Jika menerima 10 anak, maka pendapatan tiap bulan adalah Rp5 juta.

Itu pun bisa bertambah jika Anda juga menerima anak yang membutuhkan pengawasan khusus seperti balita ataupun bayi. Tentu pendapatan Anda kian meningkat.

Tidak hanya itu, jika Anda mempromosikannya dengan baik melalui website, tentu akan mampu menjangkau lebih banyak konsumen. Salah satu contohnya adalah KideeChildCare.

12. Berjualan Makanan Ringan

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Produk makanan memang tidak ada matinya. Terutama produk makanan ringan atau snack. Meskipun banyak produk baru dikenalkan, antusiasme masyarakat untuk mencobanya cukup besar. Artinya, potensi bisnisnya masih cukup besar.

Jika Anda ingin menjajal bisnis makanan ringan ini, kuncinya adalah kualitas dan keunikan produk. Lalu, untuk lebih meningkatkan penjualan, Anda bisa memasarkannya secara online.

Memulai bisnis ini tidak harus dengan modal besar. Bahkan Anda bisa menjalankannya seperti bisnis rumahan.

Contoh sukses bisnis ini adalah Lidi Geli. Berawal dari keinginannya memperkenalkan makanan tradisional, Famela Nurul Islami memproduksi makanan ringan mie lidi dengan pangsa pasar anak muda.

Dengan modal awal hanya Rp.1 juta, Famela mengaku margin keuntungannya bisa mencapai 50% dari modal awal yang ia keluarkan. Bisnisnya semakin berkembang terutama setelah pemasaran dilakukan juga melalui website Lidi Geli.

13. Bisnis Waralaba/Franchise

Tipe: Bisnis: Reguler
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Bisnis waralaba adalah bisnis yang dijalankan dengan model kemitraan. Bekerja sama dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal tentu lebih cepat mendatangkan pembeli.

Potensi bisnis yang ditawarkan cukup baik dan sudah berkembang. Namun, sebagian masyarakat menganggap waralaba harus dengan modal besar dan hanya untuk bisnis makanan.

Kenyataannya, banyak pilihan waralaba mulai dari yang bermodal kecil. Selain itu, saat ini banyak pilihan waralaba seperti laundry, jasa kirim barang, pelatihan, dan lainnya. Bahkan ada juga kemitraan dari bisnis tambal ban dan tambah angin seperti ditawarkan Green Nitrogen.

Kunci dari bisnis ini adalah jeli melihat peluang usaha terbaru, dan memilih jenis bisnis serta mitra bisnis yang baik.

14. Jasa Terjemah

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil

Peluang Usaha Paling Menjanjikan – Kemampuan berbahasa asing dapat membantu Anda mendapatkan penghasilan yang besar. Anda bisa memulai bisnis jasa terjemah dengan omzet yang bisa mencapai $500/bulan. Menariknya, Anda bisa melakukannya dari rumah.

Ya, itulah cerita dari Reni Heryani yang terjun ke dunia terjemah online. Ia adalah seorang freelancer yang sering mendapatkan pekerjaan paruh waktu dari beberapa platform freelancer.

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis ini secara penuh (full time), tentu hasil yang dicapai bisa lebih besar.

Apalagi jika Anda memiliki sebuah website portofolio yang menunjukkan keahlian yang Anda miliki seperti yang dimiliki oleh Desi Mandarini di atas.

15. Membuka Toko Online

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil – Menengah

Saat ini semakin mudah bagi seseorang membuka toko online. Ragam produk yang dijual pun kian beragam. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

Faktanya, potensi peluang usahanya mencapai Rp77 triliun di tahun 2018. Artinya, kesempatannya masih terbuka lebar.

Kejelian Anda dalam melihat gap in the market sangat diperlukan. Gap in the market adalah peluang usaha terbaru yang belum digarap namun banyak dibutuhkan konsumen.

Peluang Usaha Paling Menjanjikan adalah bisnis aksesoris boneka. Salah satu toko online yang menggeluti bisnis unik ini adalah Rumah Barbie. Website ini menyediakan berbagai barang unik baik berupa rumah barbie dan mini furniture lainnya.

Bagaimana potensi peluang usahanya? Secara umum bisnis aksesori dan boneka custom masih cukup potensial. Bahkan, omzetnya bisa mencapai Rp.50 juta/per bulan.

Hal inilah yang dialami oleh Solihin, pebisnis boneka Barbie lain  asal Jakarta. Mengaku hanya bermodal 5 juta rupiah, bisnis yang ia geluti terus berkembang. Bahkan, di momen tertentu ia sampai harus menambah jumlah pekerjanya.

Apakah Anda sudah memikirkan akan membuat toko online apa?

16. Usaha Katering

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Peluang Usaha Paling Menjanjikan berikutnya yakni Terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar, menjajal bisnis katering masih menjadi Peluang Usaha Paling Menjanjikan. Sebab, bisnis Anda akan menjadi solusi bagi para pekerja kantoran yang menginginkan menu makan siang yang lezat dan mudah didapat.

Tak hanya itu, variasi bisnis katering ini sendiri masih bisa dikembangkan lagi. Contohnya adalah katering khusus menu makanan sehat seperti yang dijalankan Gorry Gourmet dan My Meal.

Anda cukup berkreasi dengan menu dan pilihan bisnis Anda sendiri.

Untuk bisnis katering, Anda bisa saja memulainya dengan modal minim. Inilah yang ditunjukkan oleh Riezka Sari ketika membangun HalalFood dengan Rp3 juta saja. Namun, kegigihannya dalam berbisnis mengantarkannya pada pencapaian omzet hingga ratusan juta rupiah tiap bulannya.

17. Berjualan Tema Blog

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil – Menengah

Peluang Usaha Paling Menjanjikan Berikutnya yakni Banyak pemilik blog yang sering mengganti tema agar blog lebih menarik. Namun, perlu tetap memperhatikan faktor fungsi dan bahkan optimasi SEO.

Nah, jika Anda jago membuat tema blog seperti Mas Sugeng, berjualan tema blog masih memberikan peluang usaha yang menjanjikan. Tentu Anda harus memahami kriteria tema blog yang baik seperti mobile-friendly, SEO optimized, loading cepat dan desainnya menarik.

Tidak terbatas pada tema Blogger saja, Anda juga bisa membuat berbagai tema blog untuk WordPress karena pengguna platform ini sangat banyak. Anda bisa melihat contoh yang dilakukan oleh ID Theme atau situs luar negeri seperti Themeforest.

Yang paling penting, memulai bisnis ini tidak membutuhkan modal dan bisa dilakukan dari rumah. Ingin dilakukan secara paruh waktu atau full time? Semua tergantung pilihan Anda.

18. Rias Pengantin

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Jika Anda memiliki keahlian di bidang makeup, menjadi perias pengantin layak Anda coba.

Untuk memulai bisnis ini Anda membutuhkan modal di kisaran 10-20 juta rupiah bergantung besar kecilnya bisnis yang akan Anda bangun. Sebagian modal tersebut akan digunakan untuk pembelian alat makeup, busana pendukung, dan biaya promosi awal.

Peluang bisnisnya cukup besar karena beberapa pebisnis mengaku bisa balik modal (Break Even Point) dalam waktu 3-4 bulan saja. Contohnya adalah Tari Hartono. Perias pengantin ini sukses mendapatkan penghasilan hingga Rp15 juta tiap bulannya.

Perias pengantin yang lama berkecimpung di rias manten tradisional, Yuyuk Endi, mengatakan omzet bisnis rias pengantin berkisar antara 50-70% dari total modal yang dikeluarkan. Tentu Anda pun bisa memperoleh hasil seperti yang dicapai oleh Tari atau bahkan lebih besar.

Jika ingin membangun bisnis ini, Anda bisa mulai menghitung kebutuhan modal yang Anda butuhkan sebelum memulainya.

19. Bisnis Sewa Kasur

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Anda pernah mendengar nama Clara Almabella Bamanty? Wanita asal Jogja ini adalah sosok dibalik sukses sewakasur.com.

Ya, Anda tidak salah dengar. Clara membangun bisnis sewa kasur yang tidak banyak dilirik orang. Padahal, omzet yang diterima bisa mencapai Rp.2,1 miliar per tahun. Wow!

Saat itu Clara memulai dengan modal Rp200 ribu untuk membeli kasur busa dan menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan barang ke konsumen. Sistem promosi yang dilakukan pun masih konvensional dari mulut ke mulut.

Namun, dengan pengembangan website yang dikelola dengan baik. Saat ini bisnis tersebut sudah ekspansi hingga ke kota lainnya. Jika Anda tertarik, Anda bisa menjajal bisnis ini karena belum banyak yang terjun di dalamnya.

Penutup

Cukup banyak juga ya peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan. Satu hal yang sama-sama dimiliki oleh Peluang Usaha Paling Menjanjikan yang kami ulas.

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.