Berikut Trik Jitu Menarik Pelanggan Baru Dalam Sebuah Bisnis

menarik pelanggan baru

Menarik Pelanggan Baru – Dalam dunia bisnis, apa yang menurut Anda paling penting? Ya, pelanggan. Bukan rahasia lagi jika pelanggan memang menjadi salah satu hal yang paling penting dalam dunia bisnis. Karena pelanggan ini lah yang membuat bisnis kita tetap bertahan dan dapat terus berkembang.

Mungkin Anda penasaran seperti apa rahasia menarik pelanggan baru. Bagaimana pun sebagai pengusaha tentu Anda ingin tahu cara untuk mendapatkan pelanggan baru sembari mempertahankan mereka para pelanggan lama yang sudah setia bukan.

Untuk memperoleh konsumen tidaklah selalu mudah dan mulus, ini yang juga dirasakan oleh para startup yang baru saja membangun bisnisnya. Konsumen belum terlalu mengenal merek, produk atau layanan Anda. Jadi, bisa dibayangkan jika ada perusahaan yang sudah berdiri lebih dulu tapi belum juga mendapatkan konsumen tetapnya, bagaimana dengan para startup pemula ini ?

Dengan melakukan akuisisi pelanggan terbaik tidaklah selalu berhasil, karena setiap perusahaan memiliki perbedaan. Ada yang belum ahli dalam menerapkan sehingga hanya membawa sedikit kesuksesan.

baca juga : tips bisnis era industri

Dikarenakan semakin berkembangnya dunia bisnis, membuat akuisisi pelanggan tidak lagi sama dengan yang dulu. Bahwa ada pelanggan yang tingkat kepercayaannya menurun terhadap sebuah perusahaan.

Ok berikut ini beberapa cara atau trik untuk menarik pelanggan baru dalam bisnis atau usaha yang sedang anda jalankan saat ini, ok simak baik baik penjelasan dibawah ini.

Download Aplikasi Kasir Toko, Klik Disini !!

8 Trik Jitu Menarik Pelanggan Baru

menarik pelanggan baru

  1. Gunakan strategi marketing yang berbeda beda

Dalam menjalankan strategi pemasaran, ada baiknya untuk tidak terpaku dengan satu strategi yang sama setiap saat. Cobalah untuk menggunakan strategi marketing yang tidak sama.

READ  Mengenal Seluk - Beluk Tentang Bitcoin Dan Cara Membeli Bitcoin

Misalnya, Anda bisa menggunakan strategi marketing yang mencakup pemakaian teknologi baru seperti e-mail marketing. Anda bisa mencoba mengirim newsletter juga melalui email perusahaan untuk dikirim ke email pelanggan.

Kemudian, cobalah untuk menggunakan strategi marketing dalam jangka panjang tanpa melupakan adanya penanda atau milestone setiap bulannya.

Dengan rahasia menarik pelanggan baru ini, temukan strategi marketing yang menurut Anda paling cocok untuk bisnis yang sedang Anda jalani. Namun, setelah menemukan yang cocok, bukan berarti Anda tidak mencoba mengkreasikan strategi lainnya lagi.

  1. Carilah rekan bisnis

Salah satu strategi paling cepat untuk menjaring pelanggan baru adalah dengan mencari dan menemukan seorang rekan bisnis yang bisa membantu bisnis kita.

Mungkin sebelumnya Anda juga sering melihat fenomena ini dalam bisnis. Yaitu saat dua perusahaan saling bekerjasama untuk mengiklankan produk mereka.

Bahkan adanya akuisisi bisa dibilang sebagai bentuk dari kerjasama bisnis. Namun, akuisisi ini bisa dibilang sebagai bentuk kerja sama yang kuat. Jadi, carilah rekan bisnis yang tepat dan sukses bersama dalam bisnis.

Karena dalam rahasia menarik pelanggan baru, terlalu bersaing secara ketat juga hanya akan membuka pintu peluang untuk pelaku bisnis lainnya.

Misalnya Anda bisa bekerjasama dalam hal membagikan voucher belanja atau diskon belanja. Dalam hal ini, contohnya Anda memberikan voucher belanja atau diskon pada rekan bisnis untuk ia bagikan pada pelanggan yang membeli produk atau jasanya.

Jadi, jika seorang pelanggan rekan bisnis membeli produk atau jasa dengan harga tertentu misalnya, mereka akan mendapatkan voucher belanja di tempatmu. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menggaet pelanggan baru.

  1. Buatlah kompetisi berhadiah

Selain menawarkan diskon, membuat kompetisi atau lomba berhadiah bisa menjadi strategi lain untuk mendapatkan pelanggan baru. Salah satu contoh rahasia menarik pelanggan baru dengan cara ini adalah dengan membuat kompetisi untuk para pelanggan kita agar mempromosikan bisnis kita di media sosial tertentu seperti Instagram.

READ  Reseller: pengertian dan cara kerja reseller Beserta Keuntungan dan Kerugiannya

Misalnya, para pelanggn diminta untuk membagikan sebuah postingan promosi dan tag teman-teman mereka. Selain bisa mempertahankan pelanggan yang sudah ada, Anda juga bisa mendapatkan kesempatan menjaring pelanggan baru dengan cara ini.

  1. Menggunakan system diskon dan giveaway

Rahasia menarik pelanggan baru yang selanjutnya adalah dengan membuat diskon dan memberi hadiah atau giveaway.

Coba ingat kembali kapan Anda terakhir kali menawarkan diskon atau penawaran khusus pada pelanggan? Mulai sekarang cobalah untuk memberikan diskon, giveaway atau penawaran khusus lainnya secara rutin pada pelanggan.

Anda bisa memanfaatkan waktu-waktu tertentu untuk memberikan diskon. Misalnya saat hari besar seperti HUT RI, hari anniversary toko, hari belanja online nasional dan lain sebagainya.

Banyak pebisnis yang memberikan diskon atau penawaran spesial lainnya untuk menjaring customer baru dan mempertahankan pelanggan lama. Jadi, mengapa Anda tidak mencobanya juga?

  1. Gunakan konten video

Selain konten yang berupa tulisan seperti artikel, berupa gambar seperti flyer, Anda juga bisa membuat konten audio visual yang juga menjadi salah satu tren di media sosial.

Konten audio visual ini bisa menjadi media untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. buatlah semenarik mungkin dan terdapat nilai di dalamnya yang akan diterima oleh konsumen Anda.

Usahakan untuk membuat konten video yang membuat konsumen Anda bisa menikmatinya dan tidak cepat untuk melewatinya. Bagikan konten video Anda di semua media sosial yang Anda miliki untuk berkomunikasi dengan konsumen Anda.

baca juga : cara bangkit dari kegagalan bisnis

Tujuannya adalah untuk bisa merangkul mereka lalu membawanya kepada Anda, hingga goalsnya adalah mereka sipa untuk membeli produk atau layanan Anda.

  1. Bagikan konten secara meluas

Setelah membuat konten, jangan lupa untuk membagikan secara luas di semua media sosial yang Anda gunakan. Anda juga bisa melakukannya secara langsung, seperti dari mulut ke mulut. Kekuatan ini tidak pernah bisa diremehkan, orang akan cepat terpengaruh dari apa yang disampaikan secara langsung ketika sudah mencoba produk atau layanan Anda.

READ  Berikut Strategi Bisnis Rental Mobil Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulainya

Hal ini juga untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan Anda, membuat mereka yakin untuk membeli yang sebelumnya masih ragu. Rujukan adalah titik simpul dalam strategi akuisisi pelanggan Anda.

  1. Optimalkan mesin pencari

Bagi pengusaha yang sudah lebih awal bermain di dunia digital marketing, pasti tidak asing dengan mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO). setelah Anda membuat konten, Anda masih harus berusaha untuk meningkatkan peringkat situs web, produk atau layanan Anda di mesin pencari ini.

SEO menjadi cara terbaik untuk melakukannya, dimana SEO dapat mengoptimalkan kata kunci seperti longtails dan selalu menggunakan backlinking. Sehingga bisa membuat Anda berada diperingkat halaman utama.

  1. Cek Kembali laporan produk

Anda telah menempuh berbagai jalan tetapi ternyata pelanggan baru yang diinginakan tak kunjung datang? Hal ini bisa jadi bukan karena cara yang Anda lakukan salah, tetapi justru produk yang Anda tawarkan saat ini masih belum tepat atau belum bisa menarik pelanggan.

Jika yang terjadi adalah demikian, rahasia menarik pelanggan baru yang tepat adalah dengan melalukan pemeriksaan kembali database dan lihatlah apakah ada kesalahan mengenai produk yang Anda tawarkan.

Jika belum yakin dengan apa masalahnya, Anda bisa melakukan survey atau meminta feedback pelanggan setelah mereka melakukan transaksi pembelian. Untuk mempermudah meminta feedback pelanggan, gunakan fitur e-receipt yang ada di Moka POS.

Perusahaan yang sudah berkembang juga sering menempuh cara ini untuk mencari tahu penilaian masyarakat terhadap produk serta layanan yang diberikan.

Dengan mengetahui apa yang pelanggan dan masyarakat harapkan dari produk kita, kita bisa dengan mudah menentukan peningkatan kualitas macam apa yang tepat untuk produk maupun layanan yang kita berikan.

Download Aplikasi Kasir Toko, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.