6 Tips Mengubah Hobi Menjadi Bisnis Sampingan

Mengubah Hobi Menjadi Bisnis Sampingan- Menurut kamu Pekerjaan paling baik untuk di jalani itu apa ?, Banyak orang menjawab pekerjaan yang paling baik adalah pekerjaan yang gajinya besar.

Namun tidak semua pekerjaan yang gajinya besar adalah pekerjaan yang bisa di nikmati, itulah sebabnya banyak pekerja yang hanya mengincar gaji di pecat atau resign dari pekerjaannya di karnakan tidak betah.

Lalu bagaimana solusinya ? solusinya adalah carilah pekerjaan yang sesuai dengan Passion dan hobi kamu.

Bayangkan pekerjaannya menyenangkan sesuai passion dan hobi plus di bayar lagi. Bukan kah enak ?

Walau begitu, untuk mengubah hobi menjadi bisnis yang berkelanjutan tak cukup hanya bermodal skill dan passion. Dibutuhkan juga yang namanya perencanaan, komitmen, dan naluri entrepreneur.

Selain itu  banyak orang yang tidak tahu dan mengerti bagaimana cara mengubah hobi menjadi pundi-pundi uang. Bisa dikatakan hampir semua hobi bisa dijadikan sebagai peluang bisnis bila Anda jeli dan tekun dalam mengembangkan hobi tersebut.

Itu sebabnya, kebanyakan pebisnis sukses memulai bisnisnya berangkat dari hobi mereka. Namun banyak orang yang tidak berani mengambil resiko untuk memulai bisnis sendiri.

>>DOWNLOAD Demo SOFTWARE MENEJEMEN KEUANGAN<<

Mengubah Hobi Menjadi Bisnis Sampingan

Definisi Hobi

Definisi atau Pengertian Hobi ialah kegiatan yang dilakukan secara teratur, dan dikerjakan kesenangan diri. Biasanya, aktivitas ini dilakukan selama waktu luang. Hobi dapat mencakup banyak hal, seperti : mengoleksi barang benda, ikut melibatkan diri dalam kegiatan kreatif dan artistik, bermain olahraga, dan banyak lagi contoh lainnya.

Apabila seseorang terus berpartisipasi dalam hobi tertentu, biasanya ia akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan substansial di bidang tersebut. Secara umum, individu yang melakukan kegiatan semata-mata hanya untuk bersenang-senang disebut dengan amatir, yang merupakan lawan dari seorang professional.

READ  Software Tabungan Siswa | TheDeposit

Dimana ia melakukan sebuah kegiatan untuk mendapatkan atau meraih imbalan. Seorang amatir, mungkin sama terampilnya dengan seorang profesional, hanya saja terdapat beberapa perbedaan prinsip.  Dan yang paling mendasar dari prinsip tersebut yaitu, bahwa seorang profesional menerima kompensasi atas aktivitas yang ia lakukan, sedangkan seorang amatir tidak.

Mengapa Setiap Orang harus memiliki Hobi ?

Melakukan hobi kesayangan kita bisa menjadikan sangat santai dan memenuhi pengalaman. Karena hobi adalah sesuatu yang orang suka untuk melakukan, bertindak sebagai pengalih perhatian yang baik dari stres sehari-hari, frustrasi, dan faktor yang mengakibatkan sedih. Hobi menanamkan ketenangan batin untuk seseorang, dan mengisi kita dengan pikiran positif. Dengan cara ini, seseorang cenderung berada di posisi yang lebih baik untuk mencari cara mengatasi rasa kekhawatiran, dan menangani pekerjaan dan tekanan keluarga.

Hobi hampir mirip dengan minat, tetapi masih dibawah minat. Sifatnya lebih dipengaruhi lingkungan, sering berubah-ubah dan tidak ada unsur-unsur kemampuan dasar yang dimiliki. Ada orang yang masa kecilnya punya hobi tertentu, melukis misalnya tetapi setelah besar hobinya sepak bola. Kalau melukis hanya sekedar hobi, jika tidak dikursuskan dan tidak sering dikerjakan maka akan hilang dengan sendirinya karena sudah merasa tidak tertarik lagi atau mulai tertarik pada hal lain. Berbeda dengan orang yang berbakat melukis maka dia akan terus menekuninya.

Manfaat Memiliki Hobi

  1. Hobi bisa menghilangkan stres

Mengingat definisi hobi itu sendiri, yakni sebagai kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang, maka menjadi sangat wajar jika hobi itu berhubungan dengan kegiatan yang sepenuhnya menyenangkan yang memungkinkan kamu mengalihkan pikiran dari tuntutan kehidupan sehari-hari, atau emosi negatif.  Singkat kata, hobi bisa membantu kamu menghilangkan atau melepas stres.

  1. Hobi membuat orang lebih kreatif

Percaya atau tidak, nyatanya hampir semua kegiatan yang tergolong hobi adalah apa yang melibatkan kreativitas di dalamnya. Sebut saja menulis, melukis, fotografi, menjahit, atau bahkan bermain musik. Nah, jika pada awalnya kita mungkin hanya akan meniru kegiatan-kegiatan tersebut dari referensi yang ada, lama-kelamaan referensi tersebut tidak lagi memainkan peran penting karena kita mulai bisa melakukan atau menghasilkan sesuatu yang ‘baru’.

  1. Hobi bisa menambah wawasan dan relasi

Memiliki hobi bisa sangat efektif dalam membangun karakter. Ini bukan saja memperkaya hidup kita, tetapi juga menambah wawasan atau memberi perspektif berbeda tentang berbagai hal. Kenapa? Dengan memiliki hobi, apapun itu, adakalanya kita akan dibawa untuk berhubungan dengan orang dan ide baru. Dari sini kita belajar untuk mengenal  keanekaragaman, pendapat baru, dan cara baru untuk memandang kehidupan.

  1. Hobi bisa bikin badan sehat

Penelitian telah menunjukkan bahwa terlibat dalam kegiatan rekreasi tidak hanya membantu orang menjadi lebih bahagia dan tidak bosan, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan produktivitas seseorang dan bahkan membantu orang tetap bugar. Apalagi jika kegiatan rekreasi atau hobi itu adalah olahraga.

  1. Hobi bisa mendatangkan uang

Kamu yang hobi memasak atau menggambar mungkin tidak pernah berpikir bahwa hobi kamu itu bisa saja mendatangkan penghasilan tambahan bukan? Jika kamu menemukan diri kamu benar-benar berbakat di suatu bidang,  kamu bisa menawarkan atau ‘menjual’ bakat kamu itu kepada orang lain. Katakan saja kamu suka membuat kue, atau mendesain. Kamu bisa menjual kue yang kamu buat untuk menghasilkan uang tambahan. Pun demikian dengan tawaran mendesain sesuatu untuk orang lain.

READ  Apa Itu Fomo Dan 6 Tips Memanfaatkannya Untuk Bisnis kamu

 Lalu bagaimana sih cara mengubah hobi menjadi peluang usaha? Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini:

Tips Mengubah Hobi Menjadi Bisnis Sampingan dan Peluang Usaha

  1. Ketahui dulu hobimu

Pilih hobi yang menjual dan disukai banyak orang. Semakin banyak orang yang menyukai hobi tersebut, maka semakin besar pula peluang pasar yang bisa Kamu bidik untuk mendatangkan tambahan penghasilan. Contohnya saja seperti hobi memancing, melihat penggemarnya semakin membludak, sekarang ini banyak pehobi mancing yang mulai merintis toko peralatan dan aksesoris memancing baik secara online maupun offline, selain itu ada juga yang membuka bisnis pemancingan untuk menyalurkan hobinya sambil meraup keuntungan dari bisnis sampingan yang dijalankan.

  1. Memikirkan Tujuannya

Kenali pasar Kamu. Dengan bekal hobi yang Kamu geluti, tentunya membuat Kamu paham betul mengenai apa yang disukai dan tidak disukai calon konsumen. Ikuti terus perkembangan hobi yang Kamu geluti, dan pahami pula beberapa trend yang sedang digandrungi para pehobi. Misalnya saja Kamu memiliki hobi fotografi, maka Kamu harus mengenali model-model kamera yang sedang laris di pasaran, desain fotografi yang banyak diminta para konsumen, serta aksesoris apa saja yang dibutuhkan para pehobi fotografi untuk menyalurkan kegemaran mereka. Dengan begitu, Kamu bisa mengetahui kebutuhan pasar dan mendapatkan untung besar dari bisnis sampingan yang Kamu jalankan.

  1. Pilih hobi yang menjual dan disukai banyak orang.

Semakin banyak orang yang menyukai hobi tersebut, maka semakin besar pula peluang pasar yang bisa Kamu bidik untuk mendatangkan tambahan penghasilan.

  1. Menambah kemampuan

Menjadi profesional di bidang tertentu artinya Sobat perlu menjadi yang terbaik agar memiliki daya saing. Hal itu hanya bisa dicapai dengan cara mengasah skill tanpa henti.

  1. Membuat business plan

Pada tahap ini intinya Sobat menganalisa market dan peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan uang lewat hobi. Termasuk membuktikan bahwa ide yang dimiliki masuk akal untuk dieksekusi.

READ  Software Apotek The Pills | Optimalkan Kinerja Apotekmu

Pada tahap ini pula Sobat akan melihat seberapa banyak modal yang harus disiapkan untuk memulai, menetukan target-target, dan cara pendekatan ke calon pelanggan.

  1. Mengatur keuangan dengan baik

Ketika menjalankan bisnis berbasis hobi maka kalian bekerja untuk diri sendiri. Tak ada lagi yang namanya atasan. Tapi mengatur keuangan dengan baik sangat diperlukan untuk menjadikannya bisnis yang berkelanjutan.

Untuk lebih mempermudah Kami ITbrain memiliki  software manajemen keuangan yang pastinya akan membantu anda dalam mengatur keuangan lebih baik, Tertarik ? klik link di bawah

>>DOWNLOAD Demo SOFTWARE MENEJEMEN KEUANGAN<<

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.