10 Strategi Memviralkan Produk Jualan Kamu

Strategi Memviralkan ProdukViral marketing telah menjadi salah satu teknik pemasaran terbaik yang berkembang cepat pada 2018, dan terbukti bisa berhasil untuk produk apa pun. Salah satu tujuan utama dari viral marketing adalah membuat iklan atau produk menjadi viral atau dikenal oleh banyak orang dalam waktu singkat.

Di tambah Perkembangan zaman menuntut semua orang bergerak cepat, salah satunya untuk melek terhadap digital. Di satu sisi era digital ini justru membuat rasa takut sebagian orang, rasa takut itu adalah takut untuk ketinggalan. Hal itu juga berlaku dengan perkembangan bisnis sebuah brand.

Sehingga perlunya setiap brand memantau perkembangan topik di dunia digital. Ketika salah menyikapi sesuatu yang viral maka akan terjebak dalam bunuh diri, di mana netizen akan membunuhnya dengan komentar- komentarnya. Namun sebaliknya jika benar menyikapi maka itu akan berdampak positive bagi brand.

Dan untuk saat ini sudah sangat banyak para pengusaha yang mulai menerapkan strategi memviralkan produk dari penggunaan viral marketing ini. Selain dari sisi budget yang jauh lebih rendah, penggunaan strategi seperti ini juga dianggap yang paling efektif dalam menjangkau pasar yang jauh lebih luas lagi.

Strategi Memviralkan Produk Paling Efektif Dalam Penggunaan Viral Marketing

Jika seseorang dalam kontak telah menerima sebuah iklan yang dianggapnya cukup menarik, maka dia tidak akan merasa segan untuk men-share iklan tersebut kepada rekan-rekannya yang lain. Dengan demikian, maka potensi terbesar dari suatu produk untuk dapat dikenal luas juga akan menjadi semakin besar. Namun tentu saja masih tetap dibutuhkan adanya suatu strategi khusus yang lebih tepat agar promosi Anda mampu dalam menarik lebih banyak konsumen dan mereka malah bersedia untuk men-sharenya kepada yang lainnya.

strategi memviralkan Produk

Berikut Ini 10 Strategi Memviralkan Produk Jualan Anda Makin dikenal Orang, Viral Marketing :

  1. Memberi Hadiah

Salah satu strategi memviralkan produk : membuat kontes online dengan iming-iming hadiah khusus adalah cara lain yang dapat Anda gunakan untuk menjadi viral. Buatlah kontes yang di dalamnya memuat syarat untuk membagikan kontes tersebut ke orang lain. Dengan hadiah spesial yang Anda tawarkan, audiens Anda akan memiliki harapan besar untuk memenangkan itu, jadi mereka akan melakukan semua persyaratan yang Anda berikan.

Kontes online yang berlangsung selama satu bulan dapat membuat kontes Anda mendapatkan share ribuan kali atau bahkan lebih banyak dari itu, sebelum akhirnya Anda memberikan hadiah tersebut secara gratis ke audiens yang memenangkan kontes.

  1. Shareable

Konten apa pun yang Anda hasilkan, baik untuk website ataupun iklan harus dioptimalkan dengan baik agar mudah dibagikan oleh audiens Anda, misalnya dengan meletakkan tombol share di bagian bawah postingan Anda, CTA yang dikhususkan untuk melakukan share, dan sebagainya.

Dengan mengoptimalkan konten Anda agar lebih mudah dibagikan di media sosial, Anda telah memastikan bahwa audiens Anda akan lebih terdorong untuk membagikan konten tersebut.

  1. Membantu sesamanya.

Strategi seperti ini digunakan agar mampu memberikan inspirasi bagi lingkungan disekitar usaha Anda yang juga harus bermanfaat untuk membentuk brand positioning. Seperti contoh dari perusahaan air mineral yang dengan sengaja rela menyisihkan setiap hasil pembelian dari produknya untuk digunakan sebagai pembangunan sumber air bersih di daerah terpencil. Misi seperti ini secara tidak langsung akan turut mengajak para konsumen untuk memiliki visi yang sama dengan bisnis milik Anda, dimana suatu usaha juga tidak hanya untuk menghasilkan profit yang tinggi, namun juga harus mampu dalam memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.

  1. Menggunakan metode Marketing interaktif.

Menerapkan metode marketing yang lebih interaktif akan dapat semakin meningkatkan loyalitas dari para konsumen terhadap produk Anda. Membuat sebuah kuis, aplikasi mobile, live chat, atau berupa survei merupakan beberapa jenis metode yang bisa Anda terapkan untuk mendekatkan produk Anda dengan para konsumen.

  1. Gunakan Humor yang Menggelitik

Beberapa iklan online terbaik dan paling banyak dibagikan oleh audiens adalah iklan yang benar-benar mengejutkan dan sangat lucu. Pelajari bagaimana humor bekerja, dan buatlah iklan lucu atau iklan video lucu. Ini bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk mendapatkan perhatian dari audiens dan menghasilkan engagement yang tinggi.

Organic share yang Anda dapatkan dari iklan humor dapat menjangkau lebih banyak audiens pada tingkat yang luar biasa – yang tidak bisa dilakukan menggunakan jenis pemasaran lainnya.

  1.  Bekerja Sama Dengan Perusahaan Lain

Bekerja sama dengan perusahaan lain bisa menjadi strategi viral marketing yang efektif karena Anda dapat memasuki pasar yang berbeda dan menjangkau lebih banyak audiens. Bermitra dengan organisasi sosial masyarakat atau bahkan berkolaborasi dengan produk lain dalam jangka waktu tertentu, dapat memperkenalkan konsumen Anda kepada produk atau perusahaan lain yang Anda sukai – yang nantinya dapat membantu Anda dalam menjalin kerja sama bisnis yang berlangsung lama.

  1.  Lakukan Sesuatu Terlebih Dahulu

Mempersiapkan acara promosi di mana perusahaan Anda menjadi yang pertama melakukan hal tersebut adalah langkah yang sangat efektif untuk menjadi viral. Kegiatan yang bisa Anda lakukan misalnya dengan memecahkan rekor, baik rekor MURI atau bahkan rekor dunia, dan melakukan sesuatu yang sedikit berada di luar zona nyaman Anda.  Menyelenggarakan kegiatan baru yang unik dan belum pernah ada sebelumnya dapat menarik perhatian dan membuat kegiatan tersebut menjadi viral.

        8. Endorse publik figur

Dengan banyaknya fans dan followers-nya publik figur, maka setiap produk atau barang yang ia kenakan akan diperhatikan oleh pengikutnya. Sehingga endorse dari publik figur dianggap sebagai cara yang cukup jitu untuk membuat bisnis menjadi viral.

  1. Memiliki nilai cerita yang unik

Selain terkenal karena rasa pedasnya, Maicih juga dikenal karena kisah di balik usahanya. Sebagian orang penasaran dengan asal mula nama Maicih. Ternyata founder dari Maicih ini bercerita bahwa Maicih sendiri berasal dari nama dompet kecil yang sering dipakai ibu-ibu ke pasar. Awalnya founder bertemu dengan ibu-ibu yang membawa dompet kecil yang dinamakan sebagai dompet icih oleh ibunya.

Beberapa tahun berselang, founder bertemu dengan ibu-ibu dengan dompet icih tersebut dan menemukan fakta bahwa ia juga memproduksi bumbu pedas. Dari sanalah founder menemukan ide untuk membuat keripik pedas Maicih yang telah viral hingga kini. Belajar dari Maicih yang memiliki cerita unik di balik bisnis, membuat masyarakat ingin lebih tahu dan mengenalnya.

  1. Promosi maksimal di media sosial

Instagram memang dianggap sebagai media sosial yang hits. Jadi tidak mengherankan jika banyak bisnis yang dipromosikan melalui media sosial ini menjadi lebih cepat meraih viral. Kekuatan warganet memang tidak diragukan lagi. Maka tidak ada salahnya untuk menggunakan Instagram sebagai media sosial agar bisnis semakin terkenal.

Sekian dari artikel Strategi Memviralkan Produk semoga membantu kamu yang ingin mensukseskan bisnis Anda !

Semoga Sukses !

Download Aplikasi Kasir Pengelolaan Toko/All Bisnis, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.