8 tips menjadi reseller yang baik supaya bisnismu sukses!

tips menjadi reseller yang baik  – Reseller adalah teknik berjualan barang dengan menjual kembali barang yang dimiliki oleh penyedia produk yang disebut juga sebagai supplier. Bagi kamu yang ingin menjadi reseller, maka ketahuilah bahwa tips menjadi reseller adalah informasi yang paling kamu butuhkan saat ini. Tips-tips dari para reseller yang sudah berhasil mengembangkan bisnis yang dimilikinya hingga sukses bisa menjadi panduan untuk kamu. Panduan menjadi seorang reseller akan sangat membantu kamu dalam menjalani bisnis reseller ini dengan baik dan bisa mencapai kesuksesan.

Berbicara mengenai memulai bisnis reseller, tentunya kamu harus mulai dari awal melakukan setiap tahapannya. Tahapan berbisnis reseller ini ada banyak dan agar kamu tidak kebingungan, maka sebaiknya kamu pun bisa mempelajari informasi mengenai tips-tips ini untuk membantu kamu. Jadi apa saja tips menjadi reseller yang perlu kamu ketahui? Cobalah simak penjelasannya pada bagian berikut ini.

Download Aplikasi Kasir Toko GRATIS, Klik Disini !!

8 tips menjadi reseller yang baik

  1. Memilih Produk

Kita akan mulai belajar cara menjadi reseller yang sukses dengan memilih produk yang akan dijual. Ada ratusan jenis produk diluar sana dan memang cukup membingungkan untuk memilih produk yang tepat. Untuk membantu kalian dalam memilih produk yang tepat, coba pertimbangkan beberapa hal berikut:

 Sesuai dengan hobi atau kegemaran kalian

Pilihlah produk yang sesuai dengan hobi atau kegemaran kallian? Karena kalian pastinya sudah memiliki pengetahuan dan passion mengenai produk tersebut. Semua hal tersebut akan tercermin dalam cara kalian menawarkan produk tersebut ke orang lain, dan bisa dipastikan tawaran kalian akan jauh lebih menjual.

READ  Manfaat Melakukan Riset Kompetitor Dalam Dunia Perbisnisan  

Spesifik

Mulailah dengan sesuatu yang spesifik, terutama bila kalian baru saja mulai dalam semua upaya dan cara menjadi reseller. Mengapa?

Memilih kategori produk yang spesifik membantu kalian untuk fokus. Kalian bisa fokus dalam hal pemasaran, target pasar, pemilihan supplier, manajemen sumber daya dan tentu saja memperkecil jumlah saingan.

Ringan dan kuat

Logistik merupakan salah satu isu utama dalam pengiriman barang, jadi akan jauh lebih baik bila kalian memilih produk yang ringan dan kuat vs produk yang berat dan rapuh, contohnya pakaian vs vas kaca berukuran besar

  1. Target Pasar

Tentukan target pasar kalian. Mengapa hal ini masuk dalam panduan cara menjadi reseller disini? Karena dengan menentukan target, maka kalian akan bisa membuat penawaran yang lebih tepat sasaran.

Bahasa penawaran yang kalian berikan untuk target pasar kalangan professional muda dan remaja tentunya berbeda. Sentuhan humor dan penggunaan bahasa gaul mungkin akan berhasil untuk kalangan remaja dan dewas muda, namun pastinya tidak akan menarik perhatian kaum profesional yang cenderung serius.

  1. Fokus Pada Marketing

Tips cara menjadi reseller selanjutnya adalah perihal marketing. Terlepas dari apakah kalian memilih menjadi reseller atau dropshipper, marketing adalah kunci kesuksesan kalian.

Tujuan marketing ini ada 2:

  • Meningkatkan brand awareness, artinya akan lebih banyak orang yang mengetahui keberadaan kalian sebagai reseller
  • Konversi alias merubah para pengunjung menjadi pembeli

ila kalian fokus untuk menjadi reseller online, maka kalian perlu mempelajari strategi marketing online. Website, sosial media dan teknik SEO adalah beberapa hal diantaranya.

Daripana kalian akan memulai strategi marketing kalian?

Mulailah dengan sebuah tempat untuk memajang semua produk yang kalian tawarkan. Sebuah website atau blog adalah pilihan paling ideal karena kalian bisa bebas berkreasi dengan konten yang akan kalian tawarkan.

READ  Pengertian Coworking Space, Asal Muasalnya dan 8 Manfaatnya !

Bangun web atau blog anda semenarik mungkin dengan konten yang berkualitas.

Konten yang berkualitas disini berisikan deskripsi produk yang menjual, dan tentu saja gambar dari produk itu sendiri.

  1. Memilih Suplier Profesional

Ingat bahwa tugas utama kalian adalah pemasaran sementara hal-hal yang berkaitan dengan produk merupakan tanggung jawab supplier. Supplier yang professional akan bertanggung jawab untuk produk mereka sehingga kalian tidak perlu ambil pusing mengenai hal tersebut.

Dari ratusan supplier yang ada diluar sana, pilihlah supplier dengan mempertimbangkan aspek-aspek berikut:

Kredibilitas

Pastikan supplier yang kalian pilih memiliki kredibilitas agar kalian tidak dirugikan di kemudian hari. Cari tahu mengenai latar belakang dan hal-hal lain mengenai supplier tersebut.

Harga dan sistem komisi yang jelas

Tujuan utamanya adalah agar kalian mendapatkan harga khusus reseller. Dengan begini, kallian bisa menaikkan harga produk tersebut kepada konsumen tanpa perlu khawatir konsumen memilih membelinya secara langsung pada supplier.

Beberapa supplier mungkin memiliki sistem komisi sendiri. Dalam hal ini, cari tahu mengenai sistem komisi tersebut. Bandingkan dengan penawaran dari supplier yang lain.

Kualitas produk

Pilih supplier yang menyediakan produk dengan kualitas terpercaya. Produk yang berkualitas menjadi kunci kepuasan konsumen kalian

Komunikasi lancar

Komunikasi yang lancar antara kalian sebagai reseller atau dropshipper dengan supplier merupakan sebuah keharusan. Jangan memilih supplier yang tidak bisa memberikan respon yang cepat untuk pertanyaan, saran, ataupun keluhan dari kalian atau dari konsumen

  1. Harga Produk

Bagaimana cara menetapkan harga untuk produk yang akan kalian jual melalui sistem reseller atau dropshipper ini?

Beberapa supplier memiliki ketentuan tersendiri mengenai hal ini, jadi pelajari terlebih dahulu kebijakan masing-masing supplier.

Bila supplier kalian tidak memiliki ketentuan khusus perihal penetapan harga, maka kalian bebas untuk menentukannya sendiri.

Cari tahu mengenai kisaran harga produk sejenis di pasaran. Pertimbangkan mengenai biaya yang harus kalian keluarkan misalnya biaya pemasaran, biaya pemeliharaan bisnis, dan biaya lain-lain.

  1. Pelayanan Pelanggan

Salah satu cara menjadi reseller ataupun dropshipper yang sukses adalah dengan memberikan pelayanan konsumen yang luar biasa.

READ  5 Cara Giveaway Bisnis Online Dan Strategi Giveaway Yang Menarik Agar Toko Kamu Semakin Laris !

Konsumen yang terkesan dengan pelayanan kalian akan menyebarkannya kepada orang lain. Secara tidak langsung kalian telah merekrut konsumen tadi menjadi tenaga marketing kalian.

Dengan kata lain, pelayanan konsumen yang memuaskan akan mendorong berjalannya sebuah strategi pemasaran yang paling efektif yaitu strategi “mulut ke mulut”.

Semakin banyak orang yang membicarakan mengenai produk kalian, semakin besar kemungkinan untuk menaikkan jumlah pengunjung untuk mendorong naiknya tingkat konversi.

  1. Berikan Penawaran Menarik Seperti Diskon atau Paket

Semua orang ingin mendapakan produk yang mereka inginkan dengan harga yang lebih murah. Berikan hal tersebut kepada mereka, bagaimana caranya?

Tampilkan produk kalian yang paling populer atau paling baru di halaman depan web. Lalu, tonjolkan penawaran khusus berupa diskon atau hadiah khusus untuk setiap pembelian.

Bisa juga dengan menawarkan produk dalam bentuk paket misalnya paket pakaian couple,  tentunya dengan harga yang menarik.

  1. Branding

Bangun brand yang kuat, jauh lebih kuat daripada produk yang kalian tawarkan.

Bingung bagaimana caranya? Mari cari tahu lebih lanjut

Branding itu sendiri merupakan proses yang panjang, namun kalian bisa memulainya dari hal-hal berikut ini:

Memilih nama brand yang tepat

Jangan memilih nama yang pasaran, sudah banyak dipakai orang atau sulit untuk diucapkan. Tampilkan nama brand yang beda, unik, dan lucu agar orang mudah mengingatnya

Berikan ciri khas tersendiri

Misalnya penggunaan kombinasi warna tertentu yang akan mengingatkan orang akan brand kalian. Bisa juga penambahan slogan atau moto yang unik dan tetap menggambarkan usaha yang kalian jalankan

Promosikan nama dan ciri brand kalian secara teratur lewat media

Setelah kalian memilih nama dan ciri khas, pastikan untuk mempromosikannya pada khalayak luas

Sekian dari artikel ini terimakasih

Download Aplikasi Kasir Toko GRATIS, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.