Inilah Strategi Pemasaran Produk Yang Wajib Anda Lakukan

strategi pemasaran produk

Strategi pemasaran produk adalah strategi yang benar – benar dibutukan pada manajemen sebuah perusahaan yang berorientasi kan pada laba dan segala usaha untuk mendapatkan keuntungan. Strategi pemasaran jasa atau pun barang merupakan serangkaian kegiatan yan di identifikasi kan untuk menuju keunggulan yang berkelanjutan serta kompetitif.

Maka dari itu untuk merencakan sebuah strategi pemasaran perlu sekali dipikirkan secara baik dan matang  – matang sebelum memulai kegiatan penjualan yang sebernar nya akan diterap kan.

Apa itu Strategi Pemasaran Produk

Sebelum menuju ke pembahasan selanjut nya, alangkah baik nya apabila anda mengetahui apa itu strategi pemasaran produk. Berikut ini adalah perngertian dari strategi pemasaran menurut para ahli

Menurut Philip Kotler strategi pemasaran ialah terdiri dari pola pikir pemasaran yang nanti nya akan dipakai untuk mencapai sebuah  tujuan yaitu pemasaran itu sendiri. Strategi pemasaran sendiri berisi strategi rinci tentang penetapan posisi, sasaran pasar, bauran pemasaran atau marketing mix, hingga anggaran untuk sebuah pemasaran.

Sedangkan menurut Kurtz ia menjabarkan bahwa strategi pemasaran adalah keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar. Beliau juga menambahkan bahwa strategi pemasaran ini bertujuan agar dapat memuaskan konsumen dengan cara membangun sebuah kombinasi dari campuran pemasaran. Campuran atau mix yang dimaksud ini seperti distribusi, promosi, produk dan harga.

Dan juga strategi pemasaran ini dapat diartikan sebagai taktik atau cara yang digunakan oleh seorang produsen barang jasa atau barang secara terus menerus untuk memenangkan persaingan yang ada pada pasar serta persiapan rencana usaha secara menyeluruh berdasarkan pada program penjualan serta digunakan untuk menggapai tujuan penjualan tersebut.

Fungsi Strategi Pemasarn Produk

strategi pemasaran produk

Kurang lengkap rasa nya apabila telah mengetahui apa itu strategi pemasaran produk tapi tidak mengetahui apa fungsi nya. Nah berikut ini fungsi dari strategi pemasaran produk.

  1. Koordinasi Pemasaran menjadi lebih efektiv

Sudah sagat jelas bahwa strategi marketing ada untuk mencapai tujuan sebuah bisnis yang sedang anda lakukan. Sehingga, dengan ada nya panduan utama ini, kerja masing – masing divisi menjadi lebih terarah. Dan juga Setiap perusahaan harus memiliki prosedur penjualan nya sendiri. Program penjualan ini sendiri berfungsi untuk mengatur arah perusahaan sehingga membentuk tim koordinasi yang lebih ter target dan efektiv

  1. Sebagai Motivasi untuk Masa Yang akan dating

Strategi pemasaran berupaya memotivasi manajemen perusahaan agar dapat berpikir dan melihat masa depan dengan cara yang berbeda. Hal Ini sangat diperlukan sekali untuk menjaga kesinambungan perusahaan di masa yang akan datang. Penting sekali bagi perusahaan untuk mengikuti ritme atau alur sebuah pasar, tetapi terkadang perusahaan juga harus sekali memiliki terobosan dengan sesuatu atau hal – hal yang bisa dibilang harus baru dan menarik.

Serta Strategi pemasaran ini akan memberikan gambaran tentang peluang bisnis yang bisa digarap. Peluang ini tidak cuma terpaku di masa sekarang, tetapi juga potensi pengembangan nya bisa sampai di masa mendatang. Dengan kata lain, gambaran yang ada akan menciptakan inovasi atau ide baru. Nah, pengembangan ini tidak hanya berpotensi menarik minat konsumen atau pun pada pasar, tetapi juga bagi bisnis agar berani mencoba hal baru.

  1. Dapat Memperjelas Tujuan Pemasaran

Para Pelaku usaha tentu saja ingin sekali melihat dengan jelas apa saja tujuan perusahaan mereka. Dengan program penjualan ini, para pelaku usaha akan terbantu untuk membuat detail tujuan pemasaran yang akan dicapai nya, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Dan juga, Kalau perusahaan anda ingin maju, tentu saja harus memiliki atau punya tujuan yang jelas. Tanpa ada nya tujuan yang jelas, pasti akan susah sekali untuk berkembang. Dengan adanya Strategi pemasaran ini dapat membantu untuk ikut merumuskan tujuan yang ada pada bisnis anda.

  1. Mengontrol Aktivitas Pemasaran

Dengan adanya program penjualan, Perusahaan akan memiliki standar kinerja bagi para pegawainya. Dengan begitu, pemantauan kegiatan para pegawai akan lebih mudah dipantau untuk mendapatkan kualitas yang benar – benar efektif.

Nama nya aja strategi pemasaran, pasti tidak jauh – jauh dari aktivitas pemasaran. Ia dapat memastikan bahwa semua kegiatan berjalan sesuai koordinat nya dan juga terpantau dengan baik demi mencapai tujuan yang baik juga.

Download Aplikasi Kasir Pengelolaan Stok Barang dan Penjualan Bisnis Anda, Klik Disini !!

Strategi Pemasaran Produk

Nah, berikut ini strategi pemasaran produk yang wajib banget ada coba. Bagi anda yang sedang melakukan atau membuka usaha jasa atau produk, silahkan di simak dengan baik ya…

  1. Menggunakan Promosi

strategi pemasaran produk

Jika pemasaran merupakan cara satu satu nya dalam aktifitas usaha anda, maka promosi merupakan jalan keluar nya dari pemasaran itu sendiri. Aktifitas promosi ialah aktifitas yang menghadirkan produk atau pun usaha kepada calon konsumen anda. Lewat kegiatan inilah (promosi) produk anda bakalan dikenal olen calon konsumen anda serta dapat membuat mereka menjadi pelanggan setia anda.

baca juga : Metode Perhitungan Stok Persediaan

Strategi pemasaran produk dalam promosi, butuh dipikirkan dengan baik agar tercapai tujuan pemasaran yang efisien serta efektif. Bersumber pada informasi dari strategi analisa pasar pastinya aktifitas promosi bisa disesuaikan sesuai dengan keadaan konsumen. Sedikitnya ada 3 kegiatan dalam strategi promosi pemasaran ialah lewat iklan, personal selling, serta public relation.

Strategi promosi pemasaran lewat iklan bisa dicoba melalui bermacam media semacam media cetak( koran, majalah), elektronik( Televisi, radio), koran/ majalah dinding, maupun lewat internet( email, online marketing).

  1. Menganalisa Pasar

strategi pemasaran produk

Analisa pasar merupakan dasar dan pondasi dari program penjualan selanjutnya. Hal yang dilaksanakan di dalam analisa pasar adalah dengan menjalankan step by step dari langkah awal strategi pemasaran seperti segmentasi pasar, targeting dan positioning.

Namun yang wajib digaris bawahi di dalam analisa pasar adalah memilih siapa pembeli kita, di mana mereka berada, apa kesukaan mereka, apa yang merka butuhkan, bagaimana ciri khas mereka, berapa pendapatan mereka dan tipe apa yang mereka sukai.

Data itu bakal merubah program penjualan kedepannya terlebih terhadap pemilihan lokasi usaha dan cara-  cara promosi pemasaran. Teknik ini juga dijalankan oleh perusahaan kelas kakap diseluruh dunia di dalam perencanaan strategi pemasaran global atau internasional yang mereka lakukan.

  1. Tempat Usaha Harus Strategis

tips berhasil menjalankan toko kelontong

Nah, program selanjut nya setelah anda menganalisa pasar adalah pilih tempat usaha yang baik. Penentuan tempat usaha disesuaikan berdasarkan hasil dari analisa pasar yang dikerjakan sebelumnya tadi.

Lokasi usaha dipilih berdasarkan kemudahan akses bagi target pasar yang telah ditentukan ataupun dekat dengan tempat aktivitas target pasar itu sendiri.

  1. Pelayanan Terhadap Pelanggan

strategi pemasaran produk

Rata – rata para pebisnis hanya konsentrasi pada penjualan produk mereka. Setelah produk terjual maka selesailah urusan dengan Costumer. Padahal di dunia penjualan modern ini, kepuasan pelanggan merupakan suatu hal yang penting dan termasuk penting dari aktifitas strategi pemasaran.

Dalam melayani pelanggan baik sebelum penjualan maupun purna jual merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh perusahaan atau pembisnis manapun. Layanan pelanggan seperti ramah tamah diwaktu melayani transaksi jual beli, layanan garansi, layanan servis, dan lain sebagai nya, dilakukan untuk menjaga loyalitas pelanggan agar tetap menggunakan produk yang kita hasilkan.

  1. Mengevaluasi Produk

strategi pemasaran produk

Hal penting selanjut nya dan yang sering terlupakan dalam penerapan strategi pemasaran produk adalah evaluasi produk. Evaluasi produk diperoleh dari hasil tanggapan customer terhadap produk yang dihasilkan dan customer gunakan. Hasil feedback inilah yang nantinya jadi dasar untuk mengevaluasi produk kita berkenaan mana yang harus diperbaiki dan dipertahankan.

Pada dasarnya wajib ada peningkatan mutu produk tetapi peningkatan tersebut wajib sesuai bersama selera konsumen. Langkah inilah yang disebut evaluasi produk.

Download Aplikasi Kasir Pengelolaan Stok Barang dan Penjualan Bisnis Anda, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.