Berikut Ini Tips Menentukan Produk Bisnis Yang Cocok Untuk Anda

tips menentukan produk bisnis

Tips Menentukan Produk Bisnis – Kali ini saya akan membahas bagaimana sih cara menentukan produk bisnis yang cocok untuk untuk kita. Mungkin bagi Sebagian orang yang hendak memulai bisnis olshop atau berjualan produk masih ada yang kebingungan. Ya.. dikarenakan tidak semua produk dapat di jual dengan mudah. Sebab mereka belum mengetahui bagaimana cara menentukan produk apa yang akan ia jual.

Di karenakan masih pemula, wajar jika kita memiliki kekhawatiran untuk memulai dan bingung dalam menentukan produk yang hendak kita jual. Biasanya sebelum memulai bisnis pasti anda pernah bertanya – tanya kepada diri anda sendiri “emang mau bisnis apa?” Pertanyaan yang mungkin Sebagian orang akan alami itu.

Emang sih pertanyaan singkat, namun cukup tricky untuk menjawabnya. Nah, Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dipilih. Berikut ini adalah tips untuk merencanakan produk yang akan anda jadikan peluang usaha.

Sebelum itu mari kita bahas terlebih dahulu ap aitu produk? Produk sendiri adalah barang atau jasa yang dapat diperjual belikan kepada para konsumen yang hendak membeli. Akan tetapi pengertian produk bis saja berbeda kalau menurut para ahli. Berikut Devinisi Produk Menurut Para Ahli.

Definisi Produk Menurut Para Ahli

Menurut Fandy Tjiptono bahwa pengertian produk sendiri adalah berbagai hal yang ditawarkan oleh produsen untuk bisa diperhatikan, dicari, dibeli, dinyatakan, dikonsumsi, atau digunakan oleh pasar sebagai bentuk pemenuhan keperluan atau kebutuhan pasar.

Tapi lain hal kalau menurut Irawan dan Basu Swastha. Kedua ahli ekonomi ini mendefinisikan pengertian produk sebagai sesuatu yang sifatnya kompleks, baik itu yang mampu diraba ataupun tidak bisa diraba yang didalamnya mencakup warna, harga, kemasan, pelayanan, prestise, dan pengecer yang mampu diterima oleh pembeli agar mampu memuaskan keperluan dan juga keinginan pelanggan.

READ  6 Tips Marketing Untuk Bisnis UMKM Yang pasti bikin omzet kamu meroket !

Dan berbeda lagi kalau menurut Phillip Kotler. Menurut ia produk adalah segala hal yang bisa ditawarkan, dipunyai, dimanfaatkan ataupun dikonsumsi agar mampu memuaskan kebutuhan ataupun keperluan konsumen. Didalamnya mencakup wujud fisik, jasa, orang, tempat organisasi ataupun suatu ide lainnya.

Download Aplikasi Pengelolaan Stok Barang dan Penjualan, Klik Disini !!

Tips Menentukan Produk Bisnis

tips menentukan produk bisnis

  1. Pahami Kodisi Pasar

Usaha atau Bisnis yang ramai biasanya adalah bisnis yang dapat menjawab atau yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. Anda bisa mempelajari produk apa yang pasar butuhkan saat ini, lalu anda buatkan produk atau layanan yang dapat menjawab kebutuhan itu. Contoh yang paling mudah adalah makanan dan minuman, setiap orang butuh makan dan minum oleh karena itu biasanya menjual poduk makanan cukup mudah.

Selain itu, range usia pasar juga harus kita tentukan secara jelas. Hal ini berkaitan tentang fungsi produk/ jasa nya itu sendiri dan juga siapa yang memiliki sumber daya untuk membelinya. Apakah produk/ jasa yang di buat di fungsikan untuk anak-anak, remaja, dewasa atau orangtua.

Dalam perkembangannya, karakteristik setiap generasi juga perlu di pertimbangkan. Misalnya saja perbedaan karakter pasar generasi X dan generasi millenial.

Kebutuhan akan solusi, nilai-nilai atau kecenderung pola pikir mereka punya kekhasan tersendiri. Jadi jika Anda merasa masih kekuarangan wawasan mengenai pasar Anda, sebaiknya Anda mulai melakukan riset secara berkala.

  1. Pertimbangkan Bakat Dan Minat Anda

Apabila produk dari bisnis berdasarkan bakat dan minat yang anda miliki, anda akan dapat merasa senang dalam menjalankan bisnis tersebut. Akibatnya anda akan sangat mengetahui setiap ilmu yang didapat dan seluk beluk dari produk atau barang yang akan anda jual. Ini akan mempermudah anda untuk menjual ke pasar karena anda bisa menunjukkan ke konsumen bagaimana senangnya dan ahlinya anda dalam mengetahui produk anda sendiri.

READ  5 Permasalahan Bisnis Usaha Warnet

baca juga : manajement strategi : fungsi, tujuan, dan manfaatnya dalam bisnis

Mulai sekarang coba tanyakan pada diri Anda sendiri, hal apa yang Anda sukai. Buatlah daftar hal-hal yang paling Anda sukai sampai dengan yang kadarnya sedang-sedang saja. Karena saat Anda harus membuat keputusan terbaik dilapangan, bisa saja kita dihadapkan dengan kondisi yang tidak ideal. Oleh karena itu, jika tidak bisa memilih bidang bisnis yang sangat kita minati, paling tidak kita tidak membenci bidang bisnis yang kita kerjakan.

Bagaimana bisnis akan berkembang kalau kita saja sebagai founder ingin menghidarinya? Hal ini akan berbeda jika kita memulai bisnis dengan minat dengan kadar sedang, karena minat masih mungkin bisa kita tumbuhkan seiring pencapaian-pencapaian yang kita lakukan.

  1. Membuat Produk yang Unik

Keunikan adalah aspek penting untuk menarik dan mengembangkan pasar. Tidak masalah jika Anda belum melihat letak keunikan dari bisnis kita. Karena terkadang perlu waktu untuk menemukan keunikan produk/ jasa dari bisnis kita sendiri.

Namun seiring berjalannya waktu kita akan mulai menyadarinya. Asalkan Anda tidak berhenti berproses mencari letak keunikan yang potensial dikenal oleh konsumen. Mungkin pada dasarnya produk yang kita buat sama secara fungsi karena memang idenya terinspirasi dari kebutuhan yang sama. Rasanya tidak mungkin menjadi satu-satunya pihak yang bergerak pada bisnis tertentu.

  1. Cari Tahu Tentang Ketersediaan Bahan Baku atau Sumber Daya

Produk atau layanan yang dijual haruslah tersedia. Bila anda menjual produk / layanan yang tidak bisa dibeli oleh konsumen, konsumen tentu tidak akan membeli ke tempat anda. Pelajari kemungkinan ketersediaan produk, bahan baku, atau sumber daya bisnis anda. Anda harus memastikan konsistensi ketersediannya sehingga anda bisa terus berjualan dengan baik.

Untuk itu, anda harus mencari supplier yang handal dan telah terbukti mampu memasok kebutuhan jualan anda secara continue. Dan Hindari memilih bidang bisnis yang bahan baku dan sumber dayanya cukup langka pada awal terjun dalam dunia bisnis. Sebab konsumen akan sulit datang jika Anda tidak memiliki produk/ jasa yang tidak bisa di beli.

READ  Tips Membuat Blog Untuk Mengembangkan Bisnis Anda 

Jadi sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan bahwa bahan baku ataupun sumber daya tersedia dan cukup mudah Anda dapatkan.

  1. Pahami Kemampuan Yang Ada Pada Diri Anda

Selain minat, coba perhatikan juga kemampuan diri atau skill yang berkaitan dengan bidang produk/ jasa yang diminati saat memulai suatu bisnis. Anda perlu menilai dengan seobjektif mungkin tentang bagaimana kualitas kemampuan yang Anda miliki saat ini, terutama pada skill-skill inti yang di perlukan. Konsekwensinya, Anda memang perlu memahami terlebih dahulu skill-skill apa yang sangat penting untuk menjalankan bisnis yang Anda minati tersebut.

baca juga : strategi memviralkan produk

Misalnya saja Anda ingin membuat bisnis pada bidang content creator melalui media online, maka setidaknya kemampuan berpikir kreatif dan analitis serta teknik kepenulisan sudah Anda miliki sebagai dasarnya. Selain itu, wawasan mengenai media online juga penting untuk Anda tahu.

  1. Buat Contoh Produk Dan Tester

Dengan membuat contoh produk anda bisa melakukan testing pasar dalam skala yang minimal. Apabila produk anda diminati dan order dari konsumen terus bertambah, berarti produk anda bisa dikatakan berhasil dan anda bisa saja siap untuk melangkah ke tahapan bisnis berikutnya. Bila tidak, cobalah terus untuk membuat produk yang bisa diminati pasar. Dalam pemasaran online, feedback juga cukup berperan dalam menarik pasar.

Karena pelanggan online biasanya mencari review produk/ jasa yang diminati sebelum yakni untuk membelinya. Maka jangan sepelekan soal feedback. Untuk masa awal berbisnis, coba buatlah tester dengan skala yang minim untuk menguji respon pasar. Jika produk/ jasa disukai pelanggan maka mereka akan melakukan pembelian ulang (purchase).

Download Aplikasi Pengelolaan Stok Barang dan Penjualan, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.