6 Cara nyaman bekerja diluar passion !

Cara nyaman bekerja diluar passion  – Pernahkah Anda mendengar ada rekan Anda yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi terkemuka, diterima bekerja di perusahaan besar dengan gaji yang memukau, namun akhirnya memutuskan untuk pindah haluan karena katanya: “Pekerjaannya tidak sesuai dengan passion saya”?

Di lain sisi, pernahkah Anda mendengar ada rekan Anda yang berusaha menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion-nya, sampai-sampai rela untuk menganggur selama beberapa bulan? Sudah pernah beberapa kali dipanggil oleh sejumlah perusahaan, namun karena pekerjaan yang ditawarkan tidak sesuai dengan passion-nya, akhirnya dilewatkan begitu saja. Atau pernahkah Anda mendengar ada rekan Anda yang sudah lama bekerja, namun ternyata merupakan seorang “kutu loncat” yang tidak bertahan lama di satu perusahaan karena masih mencari apa sebenarnya yang menjadi passion-nya?

Mendengar pengalaman-pengalaman rekan Anda, lantas bagaimanakah sebaiknya memilih pekerjaan yang ideal? Apakah perlu mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion? Atau sebenarnya bekerja tidak sesuai dengan passion pun tidak menjadi masalah?

Cara nyaman bekerja diluar Passion !

Apa itu Passion?

Sebelum kita kupas lebih jauh, mari kita pelajari bersama, apa yang dimaksud dengan passion itu sendiri? Passion dapat dikatakan sebagai sebuah gairah, yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti keinginan (hasrat, keberanian) yang kuat. Passion juga dapat diartikan sebagai sebuah semangat yang berarti kemauan untuk bekerja, berjuang, dan sebagainya. Dengan kata lain, passion adalah kemauan atau keinginan (dorongan) yang kuat untuk melakukan sesuatu.

Perbedaan Passion dan Hobi

Passion bisa jadi muncul ketika kita hobi melakukan sesuatu hal. Namun, hobi tidak otomatis menjadi passion kita. Hobi biasanya kita lakukan untuk bersantai dari kepenatan yang ada. Hobi merupakan jalan keluar (pleasure) dari tekanan yang ada. Contohnya rekan saya, dia hobi menonton film korea. Maka, saat ingin keluar dari stress, tekanan dan ingin bersantai, maka dia memilih untuk menonton film korea. Apakah dia memiliki passion menonton film korea? Saya rasa tidak. Banyak orang berpikir bahwa ketika kita melakukan passion, maka semuanya akan baik-baik saja, happy, dan tidak ada stres.

Ini salah besar! Kalau kita benar-benar passion terhadap sesuatu hal, maka apapun tantangannya, seberat apapun masalahnya, dan betapapun sulitnya, kita tetap dan terus melakukannya. Mengapa? Karena, kita sangat passionate melakukan hal tersebut. Sebaliknya, ketika Anda melakukan sesuatu, dan menghadapi tantangan, lalu Anda ingin cepat-cepat berhenti, mungkin Anda harus bertanya, apakah ini passion atau hanya sekedar hobi Anda.

READ  12 Langkah Bisnis Berkembang di Tengah Pandemi Covid-19

Bekerja Sesuai Passion

Dapat bekerja sesuai dengan passion memang merupakan idaman setiap orang. Senang sekali rasanya apabila di pagi hari ketika membuka mata, rasa semangat langsung muncul di dalam hati karena sudah membayangkan akan melakukan sesuatu yang sangat kita senangi. Dua sisi mata koin; mencari passion dapat diibaratkan seperti mencari belahan jiwa. Ada yang dapat menemukannya dalam pandangan pertama, ada juga yang bahkan sudah setengah mati mencarinya tapi belum juga menemukannya.

Ada juga yang harus melewati proses yang sangat panjang dan melelahkan. Mendapatkan pekerjaan yang sesuai hati nyatanya juga butuh proses. Bisa dibilang tidak semua orang beruntung menemukan pekerjaan sesuai passion-nya sejak awal. Ditambah lagi, di luar dari pagar passion, sesungguhnya ada sangat banyak perusahaan ternama yang menawarkan gaji besar dengan fasilitas pekerjaan yang berlimpah, yang juga merupakan idaman setiap orang dalam memilih pekerjaan. Jelas, kebahagiaan sudah ada di dalam genggaman apabila kita memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion dan memberikan keuntungan yang kita butuhkan. Namun, apabila diharuskan untuk memilih, lantas manakah yang akan membuat lebih bahagia?

Download Aplikasi Kasir Toko, Klik Disini !!

bekerja diluar passion

Keuntungan Ketika Anda Bekerja diluar Passion

Memang ada banyak keuntungan ketika bekerja sesuai dengan passion, namun mari kita buka mata, ada banyak juga keuntungan yang dapat kita peroleh walaupun kita bekerja tidak sesuai dengan passion. Jadi, untuk Anda yang saat ini bekerja di luar passion, tidak perlu khawatir. Mari kita lihat bersama-sama, apa saja yang dapat kita peroleh dari bekerja di luar passion.

1. Membuka kesempatan berkembangnya keterampilan baru

Banyak orang akan mengatakan, “Follow your passion! Pekerjaanmu akan menjadi lebih menyenangkan.” Tidak salah memang, tapi pada ujungnya kita hanya akan memiliki segelintir pilihan pekerjaan. Adanya pemikiran, “Ah, sepertinya saya tidak akan berhasil di bidang itu” yang akhirnya membuat “label” bahwa pekerjaan itu tidak nyaman dan memperkecil kesempatan kita untuk bisa berkembang.

Kita mungkin merasa sudah tahu dan suka terhadap suatu pekerjaan, namun belum pernah mencobanya untuk benar-benar yakin. Rasa suka dan nyaman itu mungkin saja hanya ada di dalam kepala dan ketika menjalaninya kita belum tentu sesuka atau senyaman itu. Dengan keluar dari zona nyaman, dan memilih pekerjaan di luar passion, kita dapat memperluas kemungkinan berkembangnya keterampilan baru yang selama ini terpendam. Atau bahkan bisa jadi timbul rasa suka terhadap suatu pekerjaan yang selama ini belum pernah terpikirkan sebelumnya. Jadi, boleh saja mengikuti passion, tapi tidak perlu jadi harga mati. Beranilah untuk keluar dari zona nyaman dan mencari pekerjaan yang dapat membuatmu berkembang menjadi pribadi yang lebih baik!

READ  7 Alasanmu Untuk Berbisnis Di Usia Muda

2. Mendapatkan benefit yang lebih sesuai dengan kebutuhan hidup

Kerja sesuai passion hampir selalu terdengar sebagai hal yang sangat menyenangkan. Seolah-olah kita dapat bekerja dengan sepenuh hati tanpa perlu merasa penat. Namun, pekerjaan tidak harus selalu berbicara mengenai hati. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih suatu pekerjaan, mulai dari gaji, fasilitas, jarak kantor dengan tempat tinggal, teman kerja, hingga kultur perusahaan. Dengan demikian, terkadang kita perlu menempatkan logika di atas perasaan untuk menghitung faktor-faktor tersebut.

Pilihlah pekerjaan yang secara logika dapat dijalani dengan nyaman, walaupun terbersit sedikit rasa tidak suka atau tidak pernah menjadi cita-cita sebelumnya. Pertimbangkan pula perihal gaji, fasilitas atau tunjangan yang didapatkan, jarak perjalanan yang perlu ditempuh, hingga visi, misi, dan kultur perusahaan. Jangan sampai Anda tertipu oleh hati sendiri dengan memaksakan diri untuk terus menjalani apa yang Anda anggap sebagai passion Anda!

3. Memacu otak untuk menjadi lebih kreatif

Sangat besar kemungkinan bahwa Anda akan berada pada zona nyaman ketika bekerja sesuai dengan passion. Sayangnya, zona nyaman ini dapat membuat Anda sulit untuk mengembangkan diri jika Anda tidak berani mencoba melangkah keluar. Pada akhirnya, zona nyaman yang terbentuk akan membuat otak bekerja secara rutin melakukan hal-hal yang sudah biasa dilakukan.

Lain halnya kalau Anda bekerja tidak sesuai dengan passion. Otak akan berusaha untuk beradaptasi dan kreatif dalam menghadapi bidang pekerjaan yang baru bagi Anda. Secara tidak langsung, otak akan berusaha memikirkan hal-hal yang belum pernah Anda pikirkan sebelumnya agar dapat beradaptasi di lingkungan yang baru. Hal-hal baru yang Anda pelajari juga akan mengasah daya ingat dan fokus menjadi makin baik. Bisa jadi, Anda justru menciptakan inovasi baru yang merupakan perpaduan antara passion dan pekerjaan Anda. Misalnya, seseorang dengan passion mengajar yang bekerja sebagai programmer, dia bisa saja membuat online learning dengan terobosan baru berdasarkan perpaduan antara passion dan pekerjaannya. Seiring dengan dinamisnya minat seseorang dan selalu adanya hasrat untuk mengeksplorasi diri, maka otak akan terus mencari cara kreatif untuk beradaptasi dalam segala keadaan.

4. Mengenal banyak relasi dari bidang yang berbeda

Ketika Anda bekerja tidak sesuai dengan passion, Anda memperbesar peluang Anda untuk berkenalan dengan lebih banyak orang dari berbagai bidang yang berbeda. Anda tidak hanya akan mengenal orang-orang di komunitas yang sesuai dengan passion, namun juga orang-orang di luar komunitas.

Semakin luas relasi Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan, baik yang berhubungan dengan minat Anda maupun tidak. Selain itu, mengenal banyak relasi berarti juga memperbesar kesempatan untuk mendapatkan peluang kerja yang lebih menjanjikan. Kolaborasi yang terbentuk dari gabungan beberapa bidang pekerjaan akan lebih memperkaya dari berbagai macam sudut pandang. Bukan mustahil jika nantinya Anda dapat bekerja sama dengan para relasi untuk membangun sebuah bisnis yang potensial.

READ  9 langkah memulai bisnis handmade

5. Melatih kemampuan mengatur waktu

Bekerja tidak sesuai dengan passion tentunya akan menguras tenaga dan pikiran. Setelah bergelut dengan pekerjaan, tentunya Anda ingin melakukan hal yang sesuai dengan hobi dan passion Anda. Oleh karena itu, Anda akan meluangkan waktu untuk bisa melakukan hobi di sela sibuknya pekerjaan Anda. Dengan kata lain, Anda membagi waktu yang tepat untuk pekerjaan dan passion. Alhasil, Anda pun akan semakin terampil dalam mengatur waktu dengan baik.

6. Membangun diri sendiri menjadi lebih bijak

Bekerja tidak sesuai passion juga akan membantu Anda dalam mengembangkan karakter diri sendiri. Anda akan menjadi pribadi yang tekun, sabar, dan rendah hati dalam mempelajari bidang pekerjaan baru. Mungkin saja, Anda harus belajar dari orang yang lebih muda untuk urusan pekerjaan tersebut. Anda pun tak terpaku dengan konsep senioritas yang menyesatkan dan cenderung menimbulkan perasaan sombong.

Menjalani Pekerjaan yang Tidak Sesuai dengan Passion

Banyak pelajaran yang dapat Anda pelajari ketika sesuatu tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan atau diinginkan. Begitu pula ketika pekerjaan yang Anda dapatkan tidak sesuai dengan cita-cita atau passion. Bekerja sesuai passion memang menyenangkan, namun Anda tetap dapat belajar banyak ketika mendapat pekerjaan di luar passion. Dengan kemampuan untuk dapat bersabar dan berlapang dada, Anda dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan ini.

Pada akhirnya, Anda akan menyadari bahwa bekerja tidak harus sesuai dengan passion. Mungkin awalnya Anda akan merasa marah pada diri sendiri karena tidak bisa berjuang untuk bisa bekerja sesuai passion. Namun, seiring waktu berjalan nantinya Anda akan bisa menerima hal itu sebagai bagian dari kisah hidup Anda. Anda akan menjadi orang yang lebih bijak, menerima apa adanya, pandai bersyukur, dan berhenti berkeluh kesah.

Menjalani pekerjaan tidak sesuai dengan passion memang tidak mudah, namun bukan berarti kita tidak akan cocok sama sekali dalam menjalaninya. Proses mencocokkan diri bukanlah hal mudah dan jelas membutuhkan waktu. Ibarat seperti pernikahan, tidak selamanya akan berjalan mulus. Bukan berarti tidak berjodoh apabila terjadi pertengkaran dengan pasangan. Dengan kata lain, bukan berarti jika tidak menikmati pekerjaan, karier tersebut bukanlah passion Anda.

Maka demikian, carilah pekerjaan yang memberikan Anda ruang untuk bertumbuh dan berkembang. Baik itu peningkatan dalam segi karier dan gaji, kebebasan berkreativitas, sarana untuk berinovasi, dan dikelilingi oleh orang-orang yang berpikiran terbuka, adaptif serta inspiratif. Pilih sebuah pekerjaan yang membawa manfaat, baik bagi diri sendiri maupun buat orang lain. Jika saat ini pekerjaan Anda sudah memenuhi aspek-aspek di atas, maka bersyukurlah dan berjuanglah agar semakin berkembang baik dalam pekerjaan Anda. Perihal sesuai passion atau tidak, itu bonus masing-masing.

Download Aplikasi Kasir Toko, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.