6 Alasan Konsumen Tidak Mau Membeli di tokomu, Perlu Diwaspadai!

alasan customer tidak membeli

Konsumen Tidak Mau Membeli di tokomu – Produk yang kurang laku memang sangat menyedihkan sekali, khusus nya bagi para pebisnis. Sudah kerja keras dalam mempromosi kan dan memasarkan produk ternyata tidak membuahkan hasil apa – apa. Emang, apa aja sih penyebab para cusomer tidak tertarik membeli produk yang Anda tawarkan? Apakah bisnis yang dijalan kan salah?

Hmmm, jangan berfikir seperti itu terlebih dahulu sebab, mungkin saja pusat masalah nya bukan pada bisnis anda. Melainkan bisa saja pusat masalah tersebut terjadi karena anda sendiri yang kurang memperhatikan pelayanan atau pun tempat anda berbisnis mungkin? Nah, Maka dari itu mari kita bahas lebih lanjut apa aja sih alasan customer tidak membeli di toko anda. Ok simak baik – baik, Enjoyyy.

Download Aplikasi Kasir Toko Minimarket Terbaik, Klik Disini !!

6 Alasan Konsumen Tidak Mau Membeli di tokomu

Konsumen Tidak Mau Membeli di tokomu

Apabila saat ini Anda merasa kesulitan dalam menjual produk yang Anda jual, berarti ada sesuatu yang harus rubah atau dievaluasi. Nah,untuk membantu Anda mempertimbangkan penyebab produk Anda tidak terjual, berikut perhatikan alasan Konsumen Tidak Mau Membeli di tokomu.

  1. Buruknya Layanan Kepada Para Customer

Pelayanan yang buruk dapat didefinisikan seperti ketika bisnis gagal memenuhi ekspektasi pelanggan dalam hal kualitas pelayanan, memberikan respon dengan cepat, maupun customer experience secara keseluruhan. Layanan memang merupakan sesuatu yang sangat krusial bagi bisnis apapun. Ini karena layanan atau service menjadi tolak ukur kepuasan konsumen & menentukan bisnis Anda sukses atau gagal.

READ  12 Cara Mengelola Toko Kelontong Supaya Tidak Mudah Bangkrut  

Jika konsumen merasa puas dengan layanan bisnis Anda maka mereka pun akan terus berbelanja kepada Anda. Sebaliknya jika mereka tak puas, maka mereka akan dengan mudah meninggalkan toko online Anda dan berpaling ke toko online yang lain.

Maka dari itu sebagai pebisnis online, Anda harus bisa menjadikan para konsumen yang berbelanja ke toko online puas dengan segala layanan yang Anda tawarkan. Saat konsumen merasa puas, toko online Anda pun akan terus selalu dikunjungi.

baca juga : cara mengecek server yang lagi down

Selain itu, kepuasan pelanggan dapat Anda tampilkan melalui testimonial sebagai referensi pengunjung toko online Anda. Pelayanan yang buruk tidak hanya merusak relasi dengan pelanggan, tetapi juga menghilangkan peluang potensial dan membuat citra perusahaan menjadi buruk.

  1. Customer Tidak Mengerti Apa Manfaat nya

Konsumen tidak hanya membeli berdasarkan faktor harga yang murah dan terjangkau. Mereka juga memperhatikan manfaat yang didapatkan jika menggunakan produk Anda. Untuk itu, Anda harus memberitahukan mereka beberapa manfaat produk Anda.

Misalnya, Anda menjual produk makanan sehat. Penting untuk menjelaskan kepada konsumen tentang manfaat dari makanan sehat tersebut, seperti untuk diet atau menurunkan berat badan, melancarkan peredaran darah, dan menyehatkan kulit. Sehingga mereka akhirnya mengerti dan tertarik mengonsumsinya.

  1. Toko Yang Berantakan

Siapapun orang pasti akan betah berlama-lama di toko yang bersih dan rapi dan sebaliknya orang tak akan betah jika ia berada di toko yang kotor dan berantakan. Hal ini berlaku pada jenis toko apapun, toko offline maupun toko online.

Maka dari itu sebagai pebisnis online, Anda harus mengerti benar tentang hal ini. Sebisa mungkin jadikan toko online Anda memiliki tampilan antarmuka situs web yang bersih dari pop-ups yang mengganggu. Selain itu jangan lupa juga untuk menjadikan navigasi situs web toko online Anda rapi dan nyaman. Dengan adanya tampilan toko online yang bersih dan rapi, maka pengunjung pun akan merasa nyaman dan senang berlama-lama berada di toko online Anda.

READ  Tips Mengelola Toko Dengan Ilmu Sederhana

Untuk mengatasi tempat yang berantakan, anda bisa saja meggunakan rak supermarket Rak toko supermarket merupakan rak gondola yang tersusun dari rak starting dan rak adjointing. Rak gondola ini berfungsi untuk memudahkan anda untuk menempatkan barang dagangan sesuai dengan kategorinya. Pemilihan jenis rak toko supermarket disesuaikan dengan jenis barang yang akan ditempatkan. Rak gondola double starting-adjointing ukuran 120cm x 90cm x 35cm bisa menjadi pilihan tepat untuk ruangan supermarket kecil. Rak tambahan yang dapat digunakan antara lain rak snack dan rak roti.

Untuk barang yang dapat digantung, wooden slatwall panel dapat dipilih. Penggunaan rak gondola memudahkan anda untuk menyusun barang dagangan dengan tinggi yang berbeda, karena papan shelving pada rak gondola dapat diatur ketinggian jarak – nya.

  1. Customer Merasa Produk Anda Tidak Memiliki nilai Lebih

Customer value atau tingkat kepuasan adalah total manfaat yang diterima oleh customer baik tangible maupun intangible dikurangi dengan pengorbanan yang dikeluarkan (expense). Dengan mengetahui hal tersebut, maka dapat ditemukan customer satisfaction atau tingkat kepuasan pelanggan. Langkah ini akan sangat membantu untuk mengukur kepuasan pelanggan.

Kini konsumen sudah semakin kritis saat berbelanja. Mereka tidak mudah tergiur promosi dan kata-kata mutiara yang membujuk mereka untuk membeli. Mereka sangat memperhatikan nilai lebih yang ditawarkan oleh produk Anda. Jika menurut mereka produk Anda tidak bernilai, maka mereka akan mengabaikannya. Untuk itu, jelaskan berbagai manfaat dan keunggulan produk Anda yang tidak dimiliki oleh produk kompetitor.

Dan juga tingkat kepuasan merupakan sebuah kombinasi antara functional benefit atau manfaat fungsional suatu barang dan emotional benefit atau manfaat dari sisi emosional suatu produk. Maksudnya adalah setiap produk memiliki 2 fungsi di mata pelanggan, yaitu fungsional dan emosional.

  1. Harga Terlalu Tinggi

Penyebab berikutnya yang membuat toko online menjadi sepi adalah harga produk yang terlalu tinggi. Hampir semua konsumen memang akan lebih senang berbelanja di tempat yang menjual produk dengan harga yang murah & terjangkau. Maka dari itu Anda perlu berhati-hati saat akan mencantumkan harga untuk produk yang Anda jual.

READ  Inilah Cara Meningkatkan Bisnis Dari Skala Kecil Ke Skala Yang Besar  

Sebaiknya sebelum memberikan harga, Anda lakukan dulu survei harga di beberapa toko online yang ada. Dengan Anda mengetahui harga pasaran dari hasil survei tersebut, maka Anda bisa menetapkan harga yang pas dan sesuai. Dengan harga yang sesuai ini, maka konsumen pun lebih senang untuk berbelanja di toko online Anda.

Akan tetapi juga, anda tidak boleh melakukan banting harga atau mencantumkan harga yang rendah. Sebab akan dapat merusak harga yang ada di pasaran, maka dari itu kenapa diperlukan sekali untuk survei harga pasaran terlebih dahulu.

  1. Kesulitan Dalam Membeli Produk Anda

Konsumen mungkin sudah mengetahui produk Anda. Mereka tertarik dengan keunggulan produk Anda. Namun, disaat mereka membutuhkan nya, ternyata mereka kesulitan untuk membelinya. Ini bisa jadi alasan kenapa mereka akhirnya tidak jadi untuk membeli produk yang anda jual. Untuk itu, perhatikan sistem pemasaran dan distribusi produk Anda.

Pada zaman modern saat ini, Anda bisa mempertimbangkan cara penjualan online untuk memudahkan akses jual dan beli kepada konsumen atau dengan para customer dari mana saja. Pastikan juga pelayanan dalam bisnis Anda dapat diandalkan dengan baik, sehingga mereka tidak lagi kesulitan untuk memesan atau membeli produk Anda.

Download Aplikasi Kasir Toko Minimarket Terbaik, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.